Kemnaker Luncurkan Minimarket yang Diberdayakan PMI Purna

Senin, 07 Februari 2022 – 13:53 WIB
Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker Suhartono meresmikan Migran Mart di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 580, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/2).

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan pasar swalayan kecil (minimarket) yang diberi nama Migran Mart untuk menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Migran Mart ini didirikan para pekerja migran Indonesia (PMI) purna yang telah berhenti bekerja sebagai PMI di luar negeri.

BACA JUGA: Kemnaker, ILO Indonesia, dan JBM Bahas Tiga Isu Pelindungan PMI. Apa Saja?

Selain menyediakan kebutuhan sehari-hari, Migran Mart menjadi wadah pemberdayaan bagi PMI purna serta posko pengaduan, edukasi, berbagi pengalaman, informasi kerja, dan pelatihan untuk calon PMI.

“Melalui Migran Mart ini, diharapkan para PMI purna bisa membagi pengalamannya selama bekerja di luar negeri kepada para calon PMI,” ucap Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker Suhartono ketika meresmikan Migran Mart di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 580, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/2).

BACA JUGA: Kemnaker Terus Berupaya Capai Target di Tengah Covid-19 Kembali Merebak

Suhartono mengatakan, Migran Mart ini adalah solusi efektif bagi para PMI yang memutuskan tidak lagi bekerja ke luar negeri.

“Dengan adanya Migran Mart, kesinambungan ekonomi mantan PMI dapat terjamin,” katanya.

BACA JUGA: Kemnaker Sukses Gelar Rangkaian Webinar LKP, Anwar Sanusi Beri Apresiasi

Dalam waktu dekat, lanjut Suhartono, Kemnaker mengembangkan Migran Mart dengan menggunakan sepeda motor agar dapat menjangkau para konsumen, terutama daerah kantong-kantong PMI di seluruh Indonesia. 

“Saya ingin Migran Mart ini juga dapat dikembangkan di daerah kantong-kantong PMI di seluruh Indonesia,” ujarnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler