Kenaikan Gaji PNS Tergantung Keuangan Negara

Kamis, 29 April 2010 – 17:46 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR Gandjar Pranowo. Foto : Dokumen Pribadi
JAKARTA - Deputi Menteri PAN&RB bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho menyatakan bahwa kenaikan gaji PNS, TNI/Polri 10 persen masih sebatas usulan pemerintah sajaSebenarnya, pemerintah berhasrat kenaikan lebih dari 10 persen, atau paling tidak sama dengan 2009

BACA JUGA: Penyidik Polda NTT Dilaporkan Rekayasa Kasus Pembunuhan

Namun demikian kenaikan itu tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan negara.

"Kalau mau kita bukan hanya 10 persen
Tapi kan lihat anggarannya dulu, ada tidak

BACA JUGA: Menkeu Dukung Penegakan Hukum Oleh KPK

Lagipula ini masih akan kita bahas lagi bersama DPR," tutur Ramli pada JPNN, Kamis (29/4)
Dia menambahkan, pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam penyampaian nota keuangan RAPBN 2011 akan menjadi pedoman pemerintah untuk pembahasan lebih lanjut.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi II DPR, Gandjar Pranowo, mengatakan, penentuan prosentase kenaikan gaji PNS, TNI Polri memang harus dihitung berdasarkan semangat reformasi birokrasi serta kekuatan APBN

BACA JUGA: Sri Mulyani Tak Hitung Jumlah Pertanyaan KPK

"Intinya jangan bicara angka dulu, tapi kenapa harus naikAda tidak kaitannya dengan peningkatan kinerja serta kemampuan anggaranKalau semua oke, lebih besarpun tidak masalah," tegas politisi PDIP di komisi yang membidangi aparatur negara itu.

Senada dengan Gandjar, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Olly Dondokambey menyatakan, semangat pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri serta TNI Polri hendaknya diimbangi dengan peningkatan kinerjaNamun mengenai prosentase kenaikan gaji 10 persen, Olly menyatakan, angka itu harus dibahas lebih lanjut.

"Pemerintah silakan menaikkan, tapi harus dilihat apa saja sumber pembiayaannyaKalau pendapatan negara banyak sah-sah saja menaikkan berapapun," pungkasnya.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani menyatakan, pemerintah akan menaikkan gaji PNS, TNI dan Polri sebesar 10 persen pada 2011Jumlah ini lebih tinggi 5 persen dibanding prosentase 2010 yang hanya 5 persen juga.

Selain itu, pemerintah akan tetap mengucurkan gaji 13 yang telah dimulai sejak era kepemimpinan Megawati SoekarnoputriPara pensiun PNS, TNI Polri  pun  akan mendapat pensiun ke-13(Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Terima Delegasi Iran dan Thailand


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler