Kenali 7 Makanan yang Kaya Antioksidan

Selasa, 22 Mei 2018 – 09:04 WIB
Buah-buahan mengandung antioksidan. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Berbicara mengenai antioksidan, kita semua tahu bahwa antioksidan sangat penting untuk membunuh bakteri dan melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat di dalam tubuh.

Antioksidan melindungi sel tubuh dengan memutus rantai pembentukan radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA: Manfaat Mengonsumsi Padi Liar untuk Kesehatan Anda

Berikut ini beberapa makanan yang kaya anti oksidan, seperti dilansir laman India Times, Minggu (29/4).

1. Beans

BACA JUGA: Ketahuilah, Ini Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Kita beruntung karena fakta bahwa semua jenis kacang, termasuk kacang pinto, hitam dan merah merupakan sumber antioksidan yang manjur.

Kacang seperti kacang merah memiliki kapasitas yang sangat tinggi untuk menyerap radikal bebas, sedangkan kacang hitam merupakan sumber antioksidan paling ampuh per gram.

BACA JUGA: 9 Makanan ini Kaya Kandungan Antioksidan Loh

2. Cokelat hitam

Coklat hitam mengandung hingga 15 mmol antioksidan per 100 gram, yang bahkan lebih dari raspberry dan blueberry.

3. Bluberi

Rendah kalori tapi tinggi antioksidan, blueberry mengandung hingga 9,2 mmol per 100 gram, hampir sama seperti dark chocolate. Blueberry memiliki jumlah antioksidan tertinggi di antara tanaman dan sayuran.

4. Stroberi

Stroberi juga merupakan sumber antioksidan kuat, menjadikannya favorit global. Sarat dengan vitamin C mereka memberi imunitas Anda dorongan yang baik juga.

Antosianin membantu menurunkan kadar kolesterol LDL 'buruk' di tubuh.

5. Ceri

Ceri kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya dari sinar matahari.

Sifat antioksidan bersama dengan vitamin C itu bertindak sebagai pencegah kerut alami dengan melawan radikal bebas terkait usia.

6. Brokoli

Di antara semua sayuran, brokoli mengandung kombinasi vitamin C, karotenoid (seperti lutein, zeaxanthin dan beta-karoten) dan antioksidan indole-3-carbinol yang telah terbukti menghambat pertumbuhan payudara, serviks dan kanker prostat.

7. Bayam

Sebagai salah satu sumber antioksidan terkaya, dengan satu cangkir (sekitar 30 gram) bayam mentah mengandung lebih dari 3.600 IU beta karoten (antioksidan yang dikenal untuk melawan kanker, penuaan dan penyakit yang berhubungan dengan jantung), bayam adalah salah satu yang terbaik.

Selain itu, antioksidan lutein melindungi mata dari degenerasi makula dan penyakit katarak.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Ini Kaya Antioksidan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler