Kepemimpinan Khofifah Bawa Jatim Melangkah Lebih Maju

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 17:37 WIB
Bakal calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menjadi sosok terbaik untuk menjadi pilihan masyarakat untuk pilkada. Kerja-kerja besar dari Khofifah mampu menghadirkan banyak kemajuan bagi Jatim di masa depan.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Bagas Kurniawan menilai Khofifah punya komitmen kerja nyata untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Hasilnya terlihat dari sejumlah pencapaian yang memberi dampak positif secara signifikan.

BACA JUGA: Tidak Ada Sekat dengan Rakyat, Khofifah Didukung Lanjut jadi Gubernur Jatim Lagi

"Saya melihat bahwa Jawa Timur melangkah menjadi salah satu provinsi yang maju, memiliki angka statistik dan kemajuan yang cukup baik di Indonesia," kata Bagas di Surabaya, Sabtu (24/8).

Misalnya keberhasilan Khofifah menurunkan angka kemiskinan di Jatim. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, angka kemiskinan di Jatim dalam kurun 2021-2023 turun sebanyak 383.920 jiwa. Angka penurunan tertinggi di antara provinsi lain di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Khofifah Dinilai Istikamah Hadirkan Kepemimpinan Berdampak Positif untuk Kemajuan Masyarakat

Angka kemiskinan ekstrem di Jatim pada 2020 sebesar 4,4 persen atau setara 1.812.210 jiwa turun menjadi 0,82 persen atau setara 331.970 jiwa hingga 2023. Artinya, Khofifah berhasil menurunkan kemiskinan ekstrem sebesar 3,58 persen atau setara 1.480.140 jiwa.

Dia menilai sederet keberhasilan tersebut tentu harus diteruskan untuk lebih mendorong kemajuan bagi Jatim pada lima tahun ke depan. Lebih dari bangga, kepemimpinan sukses Khofifah begitu menginspirasi banyak kalangan.

BACA JUGA: Rektor Unesa Sebut Kepemimpinan Khofifah Hadirkan Lompatan Kemajuan Besar Bagi Jatim

Imbasnya makin mendorong banyak kalangan masyarakat untuk melihat Khofifah kembali memimpin Jatim ke depan. Terlebih Khofifah begitu sukses memimpin Jatim dengan banyak pencapaian besar.

Misalnya merujuk pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur terus meningkat hingga akhir 2023. Per 1 Desember 2023, IPM Jawa Timur tercatat 74,65, meningkat 3,15 persen selama periode 2019 - 2023.

Berbagai torehan besar Khofifah semala satu periode menakhodai Jatim, kian menunjukkan kesetaraan dalam kepemimpinan. Khofifah menurutnya sukses memberi contoh sebagai figur pemimpin perempuan terbaik.

"Ini menjadi hal yang positif dan ditambah ke depan ini bisa menjadikan contoh bahwa gender di Indonesia bukan menjadi isu yang substansial lagi," ujar dia. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tingkat Kepuasan Tinggi, Khofifah-Emil Makin Potensial Pimpin Jatim Lagi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler