Keprofesionalan TNI Harus Menjadi Prioritas

Rabu, 21 Agustus 2013 – 19:29 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Chandra Tirta Wijaya mengatakan, TNI saat ini sudah mengalami perubahan jika dibandingkan pada waktu zaman orde baru. TNI saat ini bisa mentranformasi diri sebagai institusi yang independen.

"Posisi TNI dari yang dicerca selama orde baru, sekarang bisa mentranformasikan diri menjadi sesuatu yang independen, yang netral," ujar Chandra saat Fit and Proper Test calon Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di DPR, Jakarta, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Dollar di Ruang Sekjen Diyakini Bukan untuk Operasional

Ia menuturkan, meskipun sudah ada perubahan, TNI masih harus dikembangkan ke arah profesionalisme. Sehingga institusi itu bisa menjadi alat negara untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sekarang TNI berada di tempat yang tepat. Tapi masih banyak lagi yang harus kita kembangkan sehingga bisa  profesional dan menjadi alat negara yang menjaga pertahanan dan kesatuan NKRI. Perkembangan TNI harus diprioritaskan untuk menjaga keprofesionalan TNI," katanya.

BACA JUGA: Komisi I DPR Sodorkan PR ke Moeldoko

TNI lanjut dia, menjadi satu-satunya institusi yang masih dihormati di negara Indonesia. Sebab sambung Chandra, institusi-institusi lain sudah tercemar dengan kasus korupsi.

"Kami bisa melihat sekarang satu-satunya institusi yang masih dihormati di negara ini adalah TNI. Semua sudah diobok-obok, semua kena kasus korupsi, kepolisian, DPR dan lain-lain," kata Chandra. (gil/jpnn)

BACA JUGA: Nasdem Pecat Endriartono, Digantikan Adik Megawati

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Ketua KPK Apresiasi Kinerja Era Abraham Samad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler