Kereta MRT Sudah Tiba di Jakarta, Ini Penampakannya

Rabu, 04 April 2018 – 20:50 WIB
Kereta pertama mass rapid transit (MRT) telah berhasil diturunkan dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/4) (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

jpnn.com, JAKARTA - Kereta mass rapid transit (MRT) mulai dikirim ke Jakarta. Hari ini, Rabu (4/4), sebanyak 12 kereta dari Jepang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pantauan JawaPos.com, proses pemasangan seal frame selesai sekitar pukul 18.30 WIB. Kereta pertama yang berwarna abu-abu bergaris biru berhasil mendarat di multi-axle tepat pukul 19.00 WIB dengan didahului satu kali percobaan.

BACA JUGA: Pengawas Ketenagakerjaan Tinjau Proyek MRT Lebak Bulus

"Kita gembira proses penurunan berjalan dengan baik. Ini kereta kita yang pertama," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar usai kereta berhasil diturunkan di lokasi.

Dia mengatakan, PT MRT Jakarta akan memiliki 96 gerbong serupa. Saat ini jumlah gerbong yang terkirim baru berjumlah 12 unit.

BACA JUGA: Anies Yakin Banget Banjir Hari Ini Bukan Akibat Sumbatan

Ada delapan unit akan diturunkan malam ini, sedangkan empat unit sisanya akan dikerjakan besok, Kamis (5/4) karena tertiban pupuk Tiongkok yang belum dikeluarkan.

Sementara itu, pengiriman kereta ke Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan dilakukan pada Jumat (5/4). William memperkirakan proses pengiriman baru dapat dilakukan pada malam hari.

BACA JUGA: Penataan Trotoar Sudirman-Thamrin Bikin MRT Lebih Nyaman

"Tergantung nanti kerja sama dengan pihak lain seperti Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan dan Transportasi, dan Kepolisian," kata dia.

Kereta berkode K1 1 18 11 itu akan terletak di posisi kelima, seperti yang diketahui, satu train set atau rangkaian kereta MRT Jakarta terdiri dari enam unit.

Ketika dioperasikan nantinya satu train set bisa menampung 200-300 penumpang. Hingga pukul 20.00 WIB saat ini, satu per satu kereta menyusul diturunkan.

Sementara yang sudah keluar dibawa menuju tempat penyimpanan sementara di Dock 101 Pelabuhan Tanjung Priok. (yes/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban Tertimpa Beton MRT Masih Trauma


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler