Kering Hore, Hujan Hore-hore

Minggu, 12 Juni 2011 – 15:08 WIB
Grand Prix (GP) Kanada malam ini (start 00.00 WIB) tidak boleh dilewatkanKalau kering bisa ada kejutan, kalau hujan bakal acak-acakan!

BERDASARKAN hasil latihan, minimal tiga tim bakal bersaing ketat di Grand Prix Kanada, di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal

BACA JUGA: Amir Zargari Masih Tercepat

McLaren-Mercedes tampak solid, Ferrari tampak mantap, dan Red Bull-Renault selalu menakutkan
Plus ada Mercedes GP, yang disebut-sebut memiliki top speed paling dahsyat di Formula 1 saat ini.

Jadi, kalau lomba malam ini (00.00 WIB) berlangsung "normal," kita sudah dijanjikan dengan persaingan yang istimewa

BACA JUGA: Kans Tiga Besar Tipis

"Saya pikir balapan ini bakal sedikit lebih ketat daripada lomba-lomba sebelumnya," kata Jenson Button, pembalap McLaren.

Ingat, karakter sirkuit yang lurus-rem-lurus-rem tidaklah menguntungkan Red Bull, yang lebih suka sirkuit meliuk-liuk cepat.

Sebastian Vettel sempat tabrakan saat latihan, menunjukkan handling Red Bull RB7 tidaklah excellent di Montreal
Bahkan Mark Webber bilang timnya butuh kecepatan lebih kalau ingin mempertahankan form seperti di awal musim (dominan).

"Kami tidaklah payah

BACA JUGA: Kado Terindah Pusamania

Kami terus keliling tapi masih belum cukup cepat," aku Webber usai babak latihan.

Andai balapan normal dan kering, sejauh ini tanda-tandanya para pembalap akan melakukan dua kali pit stopAcuan standarnya: Mengawali lomba dengan ban Pirelli supersoft, lalu ganti pakai soft, lalu mengakhiri lomba pakai soft lagi.

Saat latihan, ban supersoft tampaknya mampu bertahan hingga 15 putaran, sedangkan ban soft hingga 26 putaranKalau dipaksa sedikit, dua kali pergantian sudah cukup untuk lomba yang dijadwalkan berlangsung 70 putaran.

Namun, seperti yang terjadi pada lomba-lomba sebelum ini, para pembalap mungkin harus banyak improvisasi untuk meraih posisi lebih baik"Dua sampai empat stop sangat mungkin dilakukan," tegas Fernando Alonso, andalan utama Ferrari"Tergantung di mana posisi kita dan situasi yang sedang kita hadapi," lanjutnya.

Itu kalau normal dan keringKalau ada "gangguan" safety car seperti di Monaco, segala perencanaan bisa buyarDan melihat babak latihan, kemungkinan besar gangguan lomba akan terjadi karena begitu banyaknya momen-momen tegang saat latihanSeperti kata Alonso, tergantung posisi dan situasi.

Nah, kalau hujan turun, bisa lebih buyar lagiMenurut perkiraan cuaca terakhir, besar kemungkinan hujan turun di GP Kanada malam ini.

Hingga sekarang, belum ada balapan hujan di musim 2011Jadi, belum ada yang tahu seperti apa performa ban Pirelli basahMakanya, kalau benar-benar hujan, hasilnya bisa benar-benar acak-acakan!

Pirelli mengungkapkan, Sirkuit Gilles Villeneuve termasuk yang sangat cepat kering ketika hujan berhentiDan itu menambah komplikasi pilihan banKapan harus pakai kering, intermediate (semibasah), atau full wetSekali lagi harus ditegaskan: Para pembalap dan personel tim sangat minim pengalaman memakai ban basah Pirelli!

"Saya pikir lomba akan berlangsung fantastis, hujan ataupun kering," ucap Paul Hembery, bos balap Pirelli.

Jangan lewatkan GP Kanada malam iniKalau kering kita bisa teriak "Hore!", kalau hujan kita teriak-teriak "Hore! Hore!"(azrul ananda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KONI Gresik Enggan Talangi Anggaran GU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler