Kerja Nyata Khofifah-Emil Terasa di Rakyat, Dukungan untuk Dua Periode Sangat Kuat

Jumat, 02 Agustus 2024 – 22:30 WIB
Khofifah Indar Parawansa. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Dukungan rakyat terhadap Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, sudah mengakar kuat. 

Soliditas dukungan rakyat tersebut diraih berkat kerja nyata Khofifah-Emil yang terbukti berdampak nyata.

BACA JUGA: Mardiono Ajak Kader PPP Satu Barisan Memenangkan Khofifah-Emil

Pengamat politik dari Citra Institute Efriza mengatakan mengakarnya dukungan terhadap Khofifah-Emil karena status sebagai petahana. Khofifah-Emil sudah mengamankan dukungan di akar rumput.

"Khofifah-Emil juga pernah dikritik oleh PKB, tetapi tidak membuat masyarakat sebagai pemilih goyah dan pindah ke lain hati," kata Efriza dalam keterangan tertulis, Jumat (2/8).

BACA JUGA: Khofifah-Emil Merapat ke PKS yang Bakal Terbitkan Surat Dukungan untuk Pilkada Jatim

Kritikan tersebut terkait dengan minimnya kinerja Khofifah-Emil selama menjabat sebagai gubernur-wagub periode 2019-2024. Hal itu disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda beberapa waktu lalu.

Menurut Efriza, kritikan apa pun terhadap Khofifah-Emil nyatanya hanya omong kosong. 

BACA JUGA: PBNU: Pansus Terus Bekerja, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid Akan Diperiksa

Sebab, masyarakat Jatim merasakan langsung dampak dari kebijakan Khofifah-Emil selama memimpin.

Khofifah-Emil bahkan berhasil menekan angka kemiskinan ekstrem di Jatim sebesar 3,54 persen atau 1.480.140 jiwa. Hal itu merupakan prestasi yang ditorehkan Khofifah-Emil selama masa kepemimpinannya.

Atas prestasi tersebut, Efriza menilai sulit untuk mengalahkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim. Sebab, Khofifah masih mendapat kepercayaan publik yang sangat tinggi.

"Ini menunjukkan kekuatan pasangan tersebut memang kokoh sebagai modal untuk memenangkan pemilihan kepala daerah ini," ucapnya.

Kepercayaan masyarakat terhadap Khofifah-Emil terlihat dari besarnya tingkar kepuasaan.

Dalam survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) periode 1 sampai 12 Juli 2024, angkan kepuasaan masyarakat terhadap kinerja Khofifah-Emil sebesar 70 persen.

Masyarakat Jatim tidak ingin mengambil risiko dengan memilih pemimpin yang belum memiliki rekam jejak. Sebab itu, Khofifah-Emil masih mendapat dukungan dan kepercayaan dari masyarakat. (*/boy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler