Kesempatan Jajal Debutan

Jumat, 15 November 2013 – 08:42 WIB

jpnn.com - LONDON - Roy Hodgson sedang menikmati saat-saat tenang dalam karirnya memimpin tim nasional (timnas) Inggris. Bukan saja karena The Three Lions - julukan Inggris- sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Tapi, juga karena Steven Gerrard dkk tak pernah kalah sepanjang 2013.

Namun, di balik ketenangan itu, Hodgson juga harus berhitung benar dengan persiapan pasukannya. Gara-garanya, Inggris hanya menjadwalkan tiga kali uji coba sebelum memastikan skuad yang dibawa ke Brasil.

BACA JUGA: Berdebar Sejak Hari Pertama

Karena itu, tiap laga, termasuk dua uji coba beruntun melawan Cile dan Jerman dalam kurun sepekan mendatang, jadi kesempatan besar bagi Hodgson buat menyeleksi penggawa. Inggris akan menjamu Cile di Stadion Wembley dini hari nanti WIB.

Persoalannya bagi Inggris, selain akan menghadapi tim yang menunjukkan kualitas mengejutkan selama kualifikasi zona Amerika Latin, Three Lions juga dihadapkan pada deraan cedera para pemain utama. Kapten Steven Gerrard, misalnya, harus absen setelah mengalami gangguan pada pinggul.

BACA JUGA: Belgia Dipermalukan Kolombia 0-2

Beruntung gangguan itu kemungkinan bisa teratasi saat Inggris meladeni Jerman Rabu (20/11) mendatang, juga di Wembley. Itu setelah Gerrard menjalani suntikan penghilang rasa sakit di pinggul yang bermasalah.

Absennya Gerrard kontra Cile membuat Hodgson harus memberikan ban kapten kepada Frank Lampard. Gelandang Chelsea ini akan mengisi posisi lini tengah bersama pemain Southampton Adam Lallana yang akan menjalani debut.

BACA JUGA: Djokovic Mencari Kesempurnaan

Selain, Lallana, Hodgson kemungkinan juga akan memberikan kesempatan debut pada dua pemain lain. Yaitu, penjaga gawang Celtic Fraser Forster dan penyerang Southampton Jay Rodriguez.

Striker The Saints, julukan Southampton, Rickie Lambert, yang lebih dulu mendapat kesempatan membela timnas berharap kedua rekan setimnya itu mampu memberikan dampak positif. Itu pula yang dilakukannya saat melakoni debut.

Lambert mencetak gol penentu kemenangan saat melakoni laga pertama bersama Three Lions kala menghadapi Skotlandia Agustus lalu. Kebetulan, penampilan Southampton sedang jadi buah bibir setelah berhasil menyodok ke urutan ketiga klasemen sementara Premier League.

"Mereka memiliki mentalitas yang sangat kuat," ujar Lambert.

Selain Gerrard, Inggris juga tak akan diperkuat bek kanan Tottenham Hotspur Kyle Walker yang menjalani perawatan atas cedera paha. Striker Liverpool Daniel Sturridge pun diragukan bisa tampil karena absen dalam latihan Rabu (13/11) lalu setelah mengalami memar pada kaki.

Tapi, Cile juga tak akan diperkuat gelandang Juventus Arturo Vidal yang dipulangkan ke Turin untuk menjalani perawatan.

Terakhir kali Inggris dan Cile bertemu juga di ajang uji coba pada 1998. Yang sangat diingat penggawa Cile, tim mereka menang 2-0 ketika itu yang kedua golnya diborong Marcelo Salas.

"Pertandingan itu bersejarah bagi Cile. Menakjubkan melihat yang dilakukan Marcelo (Salas). Kami berharap bisa melakukan hal yang sama. Tiap pemain Cile akan sangat senang mencetak gol di Wembley," ungkap gelandang Cile Alexis Sanchez.

Sebelum datang ke Wembley, Cile menunjukkan kualitas sebagai calon tim kejutan di Piala Dunia 2014. Mereka mampu menempati posisi ketiga di kualifikasi Zona Conmebol. Bahkan sebelumnya mereka mampu menahan tuan rumah Spanyol yang notabene juara dunia (2-2) dalam uji coba September lalu. (ady/ttg)

Perkiraan pemain:
Inggris (4-2-3-1) Forster (pg); Johnson, Cahill, Jagielka, Cole; Henderson, Lampard; Townsend, Rooney, Wilshere; Rodriguez

Cile (4-3-3) Bravo (pg); Isla, Jara, Gonzalez, Mena; Fernandez, Medel, Carmona; Sanchez, Vargas, Beausejour

BACA ARTIKEL LAINNYA... Legenda Persib dan Bobotoh Berkumpul Cari Solusi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler