Kesulitan Menidurkan Anak? Coba 5 Kiat Mudah Ini

Kamis, 27 Desember 2018 – 15:53 WIB
Kiat menidurkan anak. Foto: iburose

jpnn.com - Para orang tua pasti pernah mengalami betapa sulitnya menyuruh anak-anak tidur. Bukan hanya memastikan mereka selalu tidur sesuai jadwal, tapi juga kuantitas dan kualitas tidur yang cukup. Dengan menerapkan kebiasaan tidur yang baik sedini mungkin, berarti orang tua telah merancang masa depan kehidupan anak.

Biasanya anak-anak mencontoh kebiasaan tidur saudara-saudara dan orang tuanya. Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua?

BACA JUGA: Perut Kembung Setelah Berolahraga, Apakah Normal atau Tidak?

Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Independent, Rabu (26/12).

1. Katakan tidak pada perangkat elektronik

BACA JUGA: Ketahuilah, Joging Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif Anda

Jumlah anak-anak di bawah usia 16 tahun yang didiagnosis dengan gangguan tidur telah meningkat drastis selama beberapa tahun terakhir, sebagaimana digariskan oleh data yang dikumpulkan oleh NHS Digital dan dianalisis oleh The Guardian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang dewasa untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan memastikan anak-anak tidak menggunakan perangkat elektronik tepat sebelum mereka tidur.

BACA JUGA: Ganja Lebih Buruk Bagi Otak Remaja Daripada Alkohol

2. Atur waktu tidur yang ketat

Anak-anak berjuang untuk mendapatkan tidur nyenyak jika mereka akan tidur pada waktu yang berbeda setiap malam. Itulah mengapa penting untuk mengatur rutinitas malam dan pagi hari yang bisa mereka ikuti. Dengan memberi anak Anda waktu tidur yang ditetapkan setiap malam dan membuat mereka sadar akan waktu yang mereka perlukan untuk tidur, maka hal itu pada akhirnya akan menjadi kebiasaan.

3. Ciptakan lingkungan yang damai

Salah satu cara agar Anda bisa menciptakan lingkungan yang damai untuk anak Anda adalah dengan mendorong mereka untuk menggunakan imajinasi mereka sebelum tidur. Hal ini pada gilirannya akan membantu mereka hanyut dalam tidur yang tenang.

4. Berhati-hatilah terhadap apa yang mereka makan

Tidak disarankan bagi anak-anak untuk makan camilan manis sebelum tidur karena hal ini bisa menyebabkan lonjakan tiba-tiba dalam tingkat energi mereka.

5. Tempat tidur yang nyaman adalah kuncinya

Jika anak Anda sering mengalami masalah dengan tertidur di malam hari, maka tempat tidur mereka mungkin harus disalahkan. Jenis kasur yang dibutuhkan seorang anak untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak mungkin berbeda dari yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

Banyak orang dewasa menikmati kasur dengan tingkat kenyamanan lembut atau menengah-lembut, namun anak-anak umumnya membutuhkan kasur yang lebih kuat. Ini karena tubuh mereka yang tumbuh membutuhkan dukungan ekstra saat mereka berkembang. Selain kasur yang nyaman, penting juga untuk memperhatikan ketebalan selimut anak, karena mereka mungkin merasa tidak nyaman jika selimutnya terlalu tebal.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Benarkah Teh Hijau Lebih Baik daripada Teh Hitam?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler