Perut Kembung Setelah Berolahraga, Apakah Normal atau Tidak?

Kamis, 27 Desember 2018 – 13:47 WIB
ILUSTRASI. Perut Kembung. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Anda baru saja akan mengenakan gaun baru yang ingin segera Anda pakai, tetapi Anda melihat perut Anda tiba-tiba menggelembung karena kembung.

Satu influencer menjelaskan fakta bahwa kembung bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

BACA JUGA: Menyikapi Penyakit Tuberkulosis dan Resistensinya

"Kembung bisa disebabkan oleh begitu banyak hal,” kata Courtnee Leeper.

Makan terlalu cepat, mengunyah permen karet dan minum melalui sedotan bisa menyebabkan perut Anda membengkak. Namun ada penyebab lain juga menurut Leeper yang mungkin akan mengejutkan Anda, yakni berolahraga.

BACA JUGA: Menyusui Bisa Bikin Jantung Ibu Lebih Sehat?

“Meskipun Anda mungkin merasa kembung setelah berolahraga, itu mungkin tidak secara langsung disebabkan oleh aktivitas fisik,” kata penyedia gizi editor kesehatan, Cynthia Sass, RD, MPH, seperti dilansir laman Health, Rabu (26/12).

Sebaliknya, Sass mengatakan Anda mungkin terengah-engah dan tanpa sengaja menelan udara saat mencoba menarik napas saat Anda berolahraga.

BACA JUGA: Alasan Ilmiah Penyebab Pilek Anda Lama Sembuh

Hal itu bisa menjebak udara di saluran pencernaan dan menyebabkan perut bengkak.

Ini mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda makan terlalu cepat dan menelan udara yang menghasilkan gas.

"Hal lain yang bisa menyebabkan kembung setelah berolahraga adalah makan terlalu dekat dengan sesi olahraga Anda, terutama jika makanan Anda mengandung serat, protein dan lemak, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna,” jelas Sass.

Ketika Anda memulai kelas barre atau lari, darah mengalir menjauh dari sistem pencernaan menuju otot-otot Anda yang memperlambat pencernaan lebih lanjut dan bisa menyebabkan kembung.

Pemanis buatan juga bisa menyebabkan kembung karena sulit untuk dicerna sistem Anda dan mereka bertahan lama di perut Anda untuk sementara.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Lima Manfaat Daun Tulsi untuk Kesehatan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler