Ketahuilah, Joging Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif Anda

Kamis, 27 Desember 2018 – 08:17 WIB
ILUSTRASI. Joging. Laman MSN

jpnn.com - Jika Anda memiliki waktu 15 menit, jangan duduk dan bersantai. Sebaliknya, sebuah studi terbaru mengatakan, Anda harus melakukan joging cepat dan ringan.

Ini akan membuat Anda merasa lebih energik daripada beristirahat, yang akan mengangkat semangat Anda dan pada gilirannya, membuat pemikiran Anda lebih efektif.

BACA JUGA: Ingin Otak Lebih Sehat? Yuk, Lakukan Aktivitas Unik Berikut

Olahraga ringan bisa meningkatkan fungsi kognitif daripada bersantai untuk waktu yang sama.

"Dan alasannya adalah bahwa gerakan itu mengangkat suasana hati dan membuat orang merasa lebih berenergi daripada tidak melakukan apa-apa,” kata psikolog dari Universitas Reims, Champagne-Ardenne, seperti dilansir laman MSN, Rabu (26/12).

BACA JUGA: 7 Gejala Otak Anda Menua Lebih Cepat

Latihan intensitas sedang yang singkat bisa meningkatkan efisiensi proses kognitif tertentu melalui peningkatan perasaan energi.

Temuan ini menjelaskan hubungan antara energi, suasana hati dan kognisi yang belum dieksplorasi secara luas.

BACA JUGA: Jalan Kaki di Alam Terbuka Hijau Bermanfaat untuk Otak

"Hampir tidak ada penelitian sampai saat ini yang telah menguji apakah ada hubungan antara tanggapan afektif dengan latihan akut dan efeknya pada fungsi kognitif," jelas para peneliti.

Mereka melihat efek dari istirahat dan olahraga moderat pada 101 siswa pascasarjana pria dan wanita muda dan sehat.

Para peneliti menduga, berdasarkan temuan sebelumnya, bahwa hubungan semacam itu memang ada dan bahwa apa yang menyebabkan peningkatan kognisi setelah olahraga mungkin menjadi dorongan dalam energi yang mengarah ke peningkatan mood dan fungsi otak yang lebih baik, bermanifestasi dalam hasil yang lebih cepat dan lebih akurat pada tes kognitif. .

Untuk membangun hubungan ini, peneliti menguji kemampuan kognitif subyek studi dan suasana hati yang dinilai sendiri sebelum dan sesudah berlari atau relaksasi.

Sebagaimana para psikolog curiga, mereka menemukan bahwa gerakan meningkatkan suasana hati, yang juga meningkatkan kinerja kognitif.

Namun, apa yang tidak diharapkan oleh para peneliti adalah bahwa rileks benar-benar menurunkan energi dan suasana hati secara signifikan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Kiat Memelihara Fungsi Otak Hingga Usia Senja


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler