Ketahuan, Beruang Madu di Tiongkok Lebih Mirip Orang Pakai Kostum

Senin, 31 Juli 2023 – 16:41 WIB
Beruang madu di Kebun Binatang Hangzhou (Hangzhou Zoo) di Provinsi Zhejiang, Tiongkok, yang diyakini adalah orang mengenakan kostum. Foto: Twitter/shaoxia33139500

jpnn.com, HANGZHOU - Kebun Binatang Hangzhou (Hangzhou Zoo) di Provinsi Zhejiang, Tiongkok, menjadi gunjingan warganet atau netizen gara-gara salah satu ‘satwa’ koleksinya.

Ada pengunjung yang mendapati hewan di kebun binatang itu layaknya orang yang mengenakan kostum beruang.

BACA JUGA: Menlu Tiongkok Sempat Misterius, Lalu Dicopot, karena Spionase atau Perselingkuhan?

Video yang beredar memperlihatkan seekor beruang madu berwarna hitam berdiri di atas batu di tepi kolam pemisah. Dua cakar depannya tampak melambai ke arah pengunjung.

Kepala beruang itu menengadah seolah-olah mengharapkan pengunjung melemparkan makanan.

BACA JUGA: Hasil Survei: Politik Luar Negeri China Dicap Negatif, tetapi Duitnya Bawa Manfaat

Namun, ada yang janggal pada beruang itu. Bagian belakang beruang itu kelihatan seperti kostum yang dipakaikan ke manusia.

Ukuran kostum itu tampak kebesaran sehingga ada lekukan di bagian ekor dan punggung.

BACA JUGA: Deni ke Hutan Mencari Jernang, Wajahnya Hancur Diserang Beruang

“Warganet yang mengunggah video itu meyakini beruang ‘berbakat’ itu sesungguhnya seorang manusia di dalam kostum,” tulisan berita di Hangzhou Daily.

Keriuhan di media sosial pun tidak terhindarkan. “Posturnya lebih (tegak) ketimbang manusia,” ujar netizen yang mengomentari kantor berita Jimu News.

Kejanggalan lain pada beruang itu ialah pada kakinya. Gerakannya memang lebih mirip manusia ketimbang hewan kuadrupedal atau binatang berkaki empat.

“Kaki depan beruang tidak bisa direntangkan ke samping. Tidak diragukan lagi ini adalah manusia,” ujar warganet lainnya.

Walakin, pihak Hangzhou Zoo menepis tuduhan itu. Dalihnya ialah seseorang tidak akan tahan mengenakan kostum setebal itu saat suhu udara sedang panas.

“Suhu pada hari pengambilan video itu ialah 40 derajat Celcius,” ujar pihak Hangzhou Zoo.

Sebenarnya bukan kali ini saja kebun binatang di Tiongkok jadi sorotan. Pada 2019, Yancheng Wild Animal World di Changzhou, Provinsi Jiangsu, juga memicu kontroversi karena pekerjanya mengenakan kosum gorila.

Pemandangan aneh terlihat ketika dua penjaga kebun binatang melompat di dekat kandang gorila. Ternyata gorila itu bukanlah primata besar asal Afrika, melainkan petugas kebun binatang yang mengenakan kostum menyerupai gorila.

Namun, pihak kebun binatang berdalih dengan menyatakan gorila itu merupakan program khusus yang dirancang bagi wisatawan pada saat April Mop.

Adapun pada 2013, CNN melaporkan kebun binatang di Luohe, Henan, mencoba membuat srigala menjadi tampak seperti singa.

Seorang pengunjung kebun binatang itu mengatakan dirinya dan putranya mencekatu kandang bertanda Singa Afrika, namun suara yang muncul bukanlah auman, melainkan gonggongan.(Straits Times/JPNN.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lihat Nih, di Tiongkok Ada Simpanse Bisa Mencuci Kaus


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler