Ketahui 9 Manfaat Mentega Kambing untuk Kesehatan

Senin, 11 November 2019 – 15:11 WIB
Mentega. Foto: MSN

jpnn.com, JAKARTA - Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia dapur pastilah sudah tahu bahwa mentega itu dari olahan susu, salah satunya dari susu kambing.

Nah, mentega kambing ini ternyata juga ada manfaatnya untuk kesehatan loh. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (10/11).

BACA JUGA: Apakah Mentega Buruk bagi Kesehatan? Begini Kata Ahli Gizi

1. Lebih cepat mencair

Mentega kambing memiliki titik leleh yang lebih rendah. Ini berarti bahwa mentega kambing bisa meleleh lebih cepat daripada jenis mentega lainnya.

BACA JUGA: Tips Memilih Mentega Yang Baik

2. Lebih Baik Dicerna

Berdasarkan kandungan laktosa yang lebih rendah, mentega kambing lebih mudah dicerna daripada mentega sapi. Orang yang tidak toleran laktosa bisa melupakan margarin dan menikmati mentega kambing untuk perubahan.

BACA JUGA: Asal-Usul Mentega dan Keju Misteri Bagi Sebagian Anak-anak

3. Light On The Palate

Tidak seperti mentega sapi, mentega kambing sangat ringan. Krim mentega ini tidak seberat mentega tradisional karena struktur lemaknya.

4. Snowy White

Mentega kambing memiliki warna putih seperti salju karena tidak memiliki bahan tambahan. Warnanya sama dengan susu, yang berarti mentega ini mempertahankan kebaikan aslinya. Mentega kambing bahkan mempertahankan aroma susu yang bersahaja.

5. Kelembaban

Mentega kambing memiliki kadar air lebih tinggi daripada mentega sapi. Ketika dimasak dengan sayuran berdaun hijau, ia melapisi daun dengan baik, membuatnya lembut dan rasanya enak.

6. Kalori

Konsumsi 2 sendok mentega kambing, dan Anda mendapatkan 75 kalori. Tetapi kalori ini termasuk lemak yang membantu proses pencernaan Anda. Karena susu kambing secara alami rendah kolesterol, maka tentunya akan lebih baik untuk memilih mentega ini daripada alternatifnya.

7. Mentega Serbaguna

Mentega kambing bisa digunakan dalam berbagai cara seperti mentega sapi. Anda bisa menyebarkannya di atas roti, dicampur dengan adonan kue, dicampur dengan sayuran dalam wajan panas, dan lain-lain.

8. Kurang Beracun

Belakangan ini, sapi dipompa dengan hormon pertumbuhan yang dimaksudkan untuk meningkatkan produksi susu. Produk susu sapi diproduksi secara massal, yang datang dengan pro dan kontra sendiri.  Mentega kambing, di sisi lain, tidak tersentuh oleh produksi massal. Mentega ini kurang beracun dan berasal dari kambing yang tidak diobati.

9. Bergizi

Mentega kambing memiliki semua sifat gizi dengan harga yang lebih baik.  Karena mentega kambing memang membantu sistem pencernaan kita, tentunya itu adalah bonus tambahan juga.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler