Ketahui Cara Tepat untuk Memulai Bisnis Kuliner

Minggu, 18 November 2018 – 20:10 WIB
Festival kuliner. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Bisnis kuliner rupanya masih menjadi pilihan berbisnis milenial. Walaupun keuntungannya sedikit, pemasukan dalam bisnis kuliner tetap mengalir. Hal itu karena makanan menjadi salah satu kebutuhan setiap orang.

Banyak sekali pebisnis kuliner yang rela pinjam modal dan bayar angsuran kredit agar bisnisnya semakin berkembang hingga buka cabang baru. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis kuliner? Lewat artikel ini, Anda akan diberikan ragam informasi untuk memulai bisnis kuliner Anda.

BACA JUGA: Bisnis Kuliner jadi Favorit Generasi Milenial

Ketahuilah Pasar Anda

Ini adalah hal yang paling penting ketika Anda ingin memulai untuk berbisnis di bidang kuliner. Anda harus tahu pasar yang sedang diinginkan oleh konsumen. Pasar merupakan salah satu aspek penting dalam berbisnis. Sebelum Anda mengeksekusi bisnis kuliner Anda, Anda harus menentukan segmentasi dan pasar Anda. Misal, bila Anda ingin berbisnis kuliner nasi goreng, Anda harus membuat segmentasi sendiri agar nasi goreng Anda dikenal. Maka dari itu Anda perlu melakukan beberapa inovasi agar konsumen menganggap bahwa nasi goreng Anda itu sangat spesial.

BACA JUGA: Bisnis Kuliner di Surabaya Tumbuh Pesat

Yakinkan Konsumen Bahwa Bisnis Kuliner Anda Beda

Meyakinkan kosumen untuk menjadi pelanggan Anda tentu memiliki trik tersendiri, dan terbilang susah susah gampang. Anda wajib memiliki sisi keunikan dalam penjualan atau copywriting yang tepat untuk produk Anda. Misal bisnis Anda diberilabel “Berdiri Sedjak 2017” atau “Dibalut dengan Puluhan Bumbu Rahasia”. Hal-hal tersebut dapat meyakinkan konsumen untuk datang lagi ke kedai atau restoran Anda.

BACA JUGA: Nendangnya Pizza Nasi Geprek

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan akan menjadi patokan para konsumen setelah sajian Anda yang mungkin memang lezat. Sangat disayangkan bila Anda memiliki menu sajian terbaik namun pelayanannya sangat kurang, otomatis hal tersebut dapat membuat pelanggan Anda kabur ke kedai lainnya. Selain pelayanan, gunakanlah teknologi yang ada saat ini seperti fasilitas aplikasi pengantar makanan yang dapat memudahkan pelanggan.

Bangun Relasi Dengan Pelanggan Anda

Membangun relasi yang baik dengan pelanggan tentu membuat bisnis Anda semakin meroket. Trust yang diberikan pelanggan kepada Anda tentu akan semakin besar dan mereka akan kembali lagi ke kedai Anda sebagai bentuk kebutuhan dan trust yang telah mereka berikan. Tanpa mereka, kesuksesan bisnis Anda tentu dipertaruhkan. Intinya, bangunlah hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Sumber Pemasukan

Dalam memulai suatu bisnis, tentu Anda perlu mengetahui sumber pemasukan bisnis Anda tersebut. Mulai dari berpikir apakah Anda mengandalkan produk sebagai sumber pemasukan atau Anda lebih memilih komisi dan iklan sebagai sumber pemasukan.

Aktivitas Bisnis

Setelah bisnis Anda berjalan Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar bisnis semakin lancar. Mulai dari strategi, operasional, marketing, keuangan, hingga sumber daya manusia. Elemen-elemen tersebut akan membantu memperlancar bisnis Anda agar berjalan dengan baik. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Kunci Utama agar Bisnis Kuliner Lancar


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler