Ketahuilah, Buah dan Sayuran Ini Dapat Mencegah Risiko Kanker

Kamis, 31 Agustus 2017 – 16:02 WIB
Buah-buahan. Ilustrasi. Foto: laman Healthline

jpnn.com - Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup buah dan sayuran setiap hari bisa membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

Buah dan sayuran segar umumnya rendah lemak dan kalori, namun mengandung berbagai kadar karbohidrat dan gula. Untuk beberapa orang yang mencoba mengatur asupannya, kandungan karbohidrat sangat membantu untuk diketahui.

BACA JUGA: Para Pria Stres Kerja? Hati-Hati Beberapa Jenis Kanker Ini

Buah cenderung memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi daripada kebanyakan sayuran, karena kandungan gula alaminya.

Tapi bukan berarti Anda harus menghindarinya. Jika Anda memperhatikan asupan karbohidrat Anda, beberapa buah memiliki kandungan air lebih tinggi dan karena itu lebih sedikit karbohidrat per sajian standar.

BACA JUGA: Bawang Merah, Diam-Diam Bisa Lawan Kanker

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline, Rabu (30/8).

A. Buah

BACA JUGA: Catat! Ini Tanaman Herbal Untuk Melawan Kanker

1. Semangka

Buah musim panas ini mendapat nilai terendah dalam kandungan karbohidrat karena hanya mengandung 7,55 gram karbohidrat per 100 gram buah.

Semangka juga mengandung vitamin A tinggi dan memiliki kandungan air tinggi, menjadikannya makanan dengan volume tinggi karena akan membuat Anda kenyang sambil memberi sedikit kalori. Bahkan kulitnya memiliki manfaat kesehatan.

2. Stroberi

Berries adalah pilihan populer bagi orang yang mengawasi asupan karbohidrat mereka dan stroberi memiliki kandungan karbohidrat paling sedikit.

Untuk setiap 100 gram stroberi, Anda akan mendapatkan hanya 7,68 gram karbohidrat. Mereka juga merupakan sumber potasium dan vitamin C.

3. Cantaloupe

Cantaloupe atau melon hanya mengandung 8,16 gram karbohidrat per 100 gram buah.

Cobalah mencampurnya dengan air jeruk nipis, min dan air untuk membuat agenton fresca yang menyegarkan.

4. Alpukat

Ya, alpukat adalah buah dan kandungan karbohidratnya relatif rendah. Untuk setiap 100 gram alpukat, Anda akan mendapatkan sekitar 8,64 gram karbohidrat.

Selain itu, Anda akan mendapatkan lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang dikenal baik untuk kesehatan jantung.

5. Honeydew

Honeydew hanya mengandung sekitar 9,09 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram. Honeydew juga merupakan sumber vitamin C dan potassium yang sangat baik, elektrolit yang Anda butuhkan untuk menjaga tekanan darah, keseimbangan pH dan metabolisme yang baik.

6. Persik

Untuk setiap 100 gram buah persik, Anda akan mendapatkan 9,54 gram karbohidrat.

Bila Anda membatasi karbohidrat, sayuran merupakan sumber gizi penting. Mereka tinggi serat dan rendah kalori secara keseluruhan per porsi dibanding kelompok makanan lainnya.

Mereka juga mengandung berbagai senyawa sehat seperti vitamin, mineral dan fitokimia.

Secara umum, semakin tinggi kadar air, maka semakin rendah kadar karbohidrat per standar penyajiannya. Ini adalah pilihan sayuran rendah karbohidrat.

B. Sayuran

1. Ketimun

Ketimun hanya mengandung 2,16 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram.

2. Selada Iceberg

Mungkin salah satu sayuran yang paling populer, meski paling tidak bergizi. Selada ini hanya memiliki 2,97 gram karbohidrat per 100 gram.

3. Seledri

Seledri adalah sayuran serbaguna yang sesuai dengan salad seperti pada casserole. Dan dengan jumlah karbohidrat yang sama seperti selada (2,97 gram per 100 gram), seledri layak untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

4. Jamur Putih

Jamur ini hanya mengandung 3,26 gram karbohidrat per 100 gram. Tambahkan ke telur dadar untuk sarapan sehat dan rendah karbohidrat.

5. Bayam

Untuk setiap 100 gram bayam, Anda akan mendapatkan 3,63 gram karbohidrat.

6. Swiss Chard

Sayuran berdaun padat nutrisi lainnya, chard Swiss hanya mengandung sekitar 3,74 gram karbohidrat per 100 gram.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspada! Tiga Penyakit Ini Bisa Membunuh Wanita


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler