Ketahuilah, Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kamis, 31 Agustus 2017 – 23:48 WIB
Kunyit. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Kunyit memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk membantu Anda tetap bugar dan sehat. Manfaat kunyit sudah dikenal dari dulu. Misalnya untuk perawatan kecantikan.

Pada zaman dahulu, nenek moyang menggunakan kunyit sebagai lulur untuk perawatan tubuh, terutama para putri keraton. Tapi tahukah Anda bahwa kunyit juga memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan tubuh Anda.

BACA JUGA: Kopi Bisa Menjadi Bagian dari Gaya Hidup Sehat?

Kunyit masih tetap dikenal hingga sekarang sebagai obat. Anda akan banyak menemuinya pada jamu-jamu tradisional yang terkadang masih dijual di daerah pedesaan. Kalau kota, mungkin sudah jarang.

Berikut ini beberapa fakta tentang kunyit yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (27/8).

BACA JUGA: Berhenti Makan Daging? 5 Hal ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda

1. Mengurangi peradangan

Dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok, kunyit sering digunakan sebagai antiinflamasi.

BACA JUGA: Ketahuilah, Buah dan Sayuran Ini Dapat Mencegah Risiko Kanker

Menurut University of Maryland Medical Center, hal ini mungkin disebabkan oleh kurkumin, yang mengatur enzim-enzim yang menyebabkan peradangan pada tubuh kita.

Fakta Organik mengatakan bahwa konsumsi kunyit bisa membantu menenangkan masalah gastrointestinal termasuk konstipasi dan sindrom iritasi usus besar dan juga bisa membantu rasa sakit menstruasi seperti kram dan kembung.

Karena banyak penyakit yang terkait dengan peradangan, kunyit jelas ada di radar masyarakat.

2. Mengurangi rasa sakit akibat artritis

Arthritis Foundation menyebutkan kunyit bisa mengurangi peradangan dengan cara yang meminimalkan rasa sakit dan kekakuan sendi bagi mereka yang menderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Satu meta analisis terbaru yang ditemukan kunyit mungkin bermanfaat untuk mengobati radang sendi.

3. Menurunkan kolesterol

Terlalu banyak kolesterol LDL membuat sulit bagi jantung kita untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita yang bisa menyebabkan masalah kardiovaskular.

University Health News mengatakan bahwa dengan mengonsumsi akar kunyit dan ekstrak akar kunyit, maka hal ini mungkin bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat di tubuh dan menekan pembentukan plak di arteri.

Kunyit juga bisa membantu mencegah produksi kolesterol di hati dan bisa menghentikannya agar tidak terserap ke dalam usus.

Bagi orang yang kelebihan berat badan dan memiliki kadar kolesterol tinggi, WebMD mengatakan bahwa penelitian menyarankan mengonsumsi ekstrak kunyit secara teratur bisa mengurangi kolesterol dan trigliserida secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kemampuan kognitif

Menurut Fakta Organik, kunyit digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan aktivitas mental, termasuk konsentrasi dan daya ingat.

Kunyit juga bisa membantu mencegah pembentukan plak yang merupakan indikasi penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.

Kunyit mungkin memiliki efek lebih langsung pada otak juga.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Tips Supaya Pencernaan Tetap Sehat


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler