Ketika Amien Rais dan Zulkifli Hasan Besanan

SBY-Hatta Jadi Saksi, Maskawin 13 Keping Emas

Minggu, 09 Oktober 2011 – 06:09 WIB
Foto: Ist/JPPhoto

Amien Rais dan Zulkifli Hasan resmi besananKemarin Ahmad Mumtaz Rais, putra ketiga Amien, mempersunting Futri Zulya Savitri, putri sulung Zulkifli

BACA JUGA: Jelang Pernikahan Putri Menhut dan Putra Amien Rais

Presiden SBY dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjadi saksi akad nikah keduanya.
------------------------
Priyo Handoko, Jakarta
-----------------------
"Rasanya lega
Alhamdulillah," kata Amien Rais

BACA JUGA: Widodo Harjoprawito, Ahli Balistik yang Pernah Jadi Penasihat Militer Bolivia

"Ya, alhamdulillah
Sudah plong," timpal Zulkifli Hasan

BACA JUGA: Tiga Bocah Papua yang Berhasil Ciptakan Sistem Robot Pendeteksi Bencana Tsunami

Percakapan spontan itu muncul dari keduanya tak lama setelah prosesi ijab kabul pernikahan putra-putri mereka, Ahmad Mumtaz Rais dan Futri Zulya Savitri, yang berlangsung di rumah dinas Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Jalan Denpasar Raya, kemarin (8/10).

Amien selama ini dikenal sebagai tokoh reformasiDia juga pendiri sekaligus mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN)Perjalanan karir politiknya mencapai puncak saat menjabat ketua MPR periode 1999"2004Sedangkan Zulkifli juga dikenal luas sebagai tokoh PANSempat menjadi Sekjen DPP PAN periode 2005"2010, Bang Zul -begitu Zulkifli Hasan biasa disapa- kini menjabat menteri kehutanan.

Fakta tersebut tak urung memunculkan istilah yang agak nakalYakni, "pernikahan politik"Tapi, Mumtaz Rais langsung mementahkan hal itu secara halusDi hadapan wartawan, anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PAN itu memuji istrinya habis-habisan.

"Dari fisik, cantikYang lebih utama, dia muslimah yang sangat rajinRajin membaca, rajin olahraga, dan tepat waktuRajin cuci piring juga kapan-kapan," kata Mumtaz, lantas terkekehFutri Zulya Savitri yang duduk di sebelah Mumtaz ikut tertawa lepas dengan pipi agak kemerahanMenurut Mumtaz, dirinya bersama istri berencana umrah dalam waktu dekatDari Tanah Suci, perjalanan "bulan madu" akan diteruskan ke Athena, Yunani

Mengapa memilih negara itu? "Sekarang ini kan Eropa Timur lagi krisis, termasuk YunaniMungkin di sana (barang) lagi murah-murah," canda pria kelahiran Jogjakarta, 17 September 1983, itu.

Prosesi akad nikah Mumtaz dan Futri berjalan lancarTampil serasi dalam besutan kebaya putih, acara digelar dengan nuansa adat Lampung -sesuai dengan asal Zulkifli HasanSaat itu gelar kehormatan sekaligus diberikan kepada dua mempelai oleh para pemangku adatMumtaz diberi gelar adat Raden Perwiranegara, sedangkan Futri bergelar Raden Ratu Kesuma"Pemberian gelar adat ini disesuaikan dengan garis keturunan," kata pembawa acara.

Sebagai maskawin, Mumtaz memberikan 13 keping emas yang masing-masing seberat 40 gramBila diasumsikan harga emas sekarang Rp 500 ribu per gram, dikonversi menjadi uang nilai maskawin Mumtaz lebih dari Rp 260 juta"Jumlah 13 keping itu mengikuti tanggal lahir istri," terang MumtazFutri yang baru saja lulus dari Master of Busines Administration, Australian Nasional University (ANU), itu memang lahir di Jakarta pada 13 Mei, 23 tahun lalu.

Akad nikah Mumtaz dan Futri semakin istimewa karena dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berserta Ny Ani YudhoyonoPresiden SBY menjadi saksi pernikahan atas permintaan pihak keluarga mempelai perempuanSaksi dari pihak keluarga laki-laki adalah Ketua Umum DPP PAN yang juga Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

"Saya sangat berterima kasih atas kerawuhan (kehadiran, Red) Pak SBYKalau nanti dua mempelai sudah punya anak, buka album, pasti akan sangat bangga karena yang menjadi saksi pernikahannya adalah presiden RI," kata Amien saat memberikan kata sambutan atas nama keluargaSBY tersenyum simpul mendengarnya.

Dia juga menyampaikan, pada 24 November mendatang, gantian keluarga besar SBY dan Hatta Rajasa yang akan berbesanEdhie Baskoro Yudhoyono, putra bungsu SBY, bakal menikah dengan Siti Ruby Aliya, putri Hatta Rajasa"Insya Allah, saya menjadi saksinya," kata Amien.

Amien mengungkapkan, awalnya pihak laki-laki mengharapkan mantan Presiden B.JHabibie yang menjadi saksiHabibie sudah menyanggupiTapi, secara mendadak, tiga hari yang lalu Habibie membatalkan kesediaannya itu karena sedang menjalani perawatan di RS Jerman"Saya mencari yang paling tepatSiapa lagi (kalau bukan) Mas Hatta Rajasa," tutur Amien.

Sejumlah menteri juga hadir pada akad nikah ituDi antaranya, Menko Polkam Djoko Suyanto, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menteri Pendidikan MNuh, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Seskab Dipo Alam.

Kemudian, Wakil Ketua MPR Ahmad Farhan Hamid, anggota Wantimpres Emil Salim, dan Jubir Presiden Julian Aldrin PashaTampak juga Wakil Ketua DPR yang juga Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan dan Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajad WibowoResepsi pernikahan akan berlangsung hari ini di hall D Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat(c4/nw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jusuf Kalla dan Aktivitas Barunya sebagai Duta Komodo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler