Jusuf Kalla dan Aktivitas Barunya sebagai Duta Komodo

Galang 100 Juta SMS demi Tujuh Keajaiban Dunia

Rabu, 05 Oktober 2011 – 12:12 WIB
VOTE KOMODO: DUTA KOMODO Jusuf Kalla sedang melihat komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (4/10). Foto : Nick H/JPPhoto

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla punya aktivitas baruSejak pekan lalu pria lincah ini dipilih oleh Pendukung Pemenangan Komodo (P2K) sebagai duta binatang langka itu

BACA JUGA: Warga Indonesia yang Berobat Kanker hingga ke Tiongkok

Tak perlu menunggu lama, kemarin dia mendatangi habitat komodo di Loh Liang, Labuan Bajo, NTT


HENDROMASTO, Labuan Bajo
   
CHRIS Kanter, Sofyan Wanandi, Aksa Mahmud, Yasril Ananta, dan Fahmi Idris adalah beberapa tokoh yang diajak Jusuf Kalla mengunjungi Loh Liang, Labuan Bajo, pusat konservasi komodo, kemarin

BACA JUGA: Keraton Jogja Bersiap Jelang Pernikahan Putri Bungsu Sultan Hamengku Buwono X

Para pegiat P2K yang dikoordinasi aktivis lingkungan Emy Hafildz juga ikut dalam rombongan.
   
"Masih ada waktu sampai 11 November untuk memberikan dukungan agar komodo menjadi bagian dari Seven Wonders
Langsung ketik komodo dan kirim SMS ke 9188," kata JK, sapaan Jusuf Kalla, seusai melihat dari dekat komodo di balik rimbun hutan Loh Liang

BACA JUGA: Kehilangan Penglihatan, Mimi Mariani Lusli Tetap Gigih di Dunia Pendidikan



Menurut dia, peluang komodo menjadi satu di antara tujuh keajaiban dunia ciptaan alam sangat terbukaUntuk bisa masuk dalam tujuh keajaiban dunia, paling tidak dibutuhkan 100 juta SMS dukungan"100 juta SMS itu tidak sulit kalau kita mauLebaran lalu, jumlah SMS tembus satu miliar," ujar JK.

Saat ini komodo telah masuk dalam 28 besar dari 400 calon warisan alam di daftar keajaiban duniaLaut Mati dan hutan Amazon adalah dua dari beberapa warisan alam lain yang kini bersaing dengan komodo untuk masuk tujuh besar.

Apa langkah konkret JK untuk menggalang dukungan bagi komodo? Dengan tegas JK menyatakan akan mendekati para pengusaha nasionalDia tidak mau memilih jalan pintas dengan membeli pulsa telepon dalam jumlah besar dan digunakan untuk mengirim SMS"Tidak seperti itulahIni lebih kepada kesadaranApalah arti SMS seribu rupiah untuk komodo, daripada Facebook-FacebookanSMS komodo lebih bermanfaat," tutur mantan ketua umum Partai Golkar ini.
   
Selain pengusaha, JK akan meminta Presiden SBY ikut mendukung gerakan vote komodo"Saya akan meminta waktu kepada presiden untuk menyampaikan hal ini," katanya.

Di beberapa negara, kepala negara memang memimpin langsung bangsanya agar warisan alamnya bisa masuk dalam daftar keajaiban duniaAfrika Selatan dan Korea Selatan, misalnyaPresiden dua negara itu serius mengampanyekan pemilihan tujuh keajaiban dunia.

Di Loh Liang JK juga mengajak wartawan mengirimkan SMS demi kemenangan komodo"Seribu rupiah per SMS untuk komodo, untuk IndonesiaAyo, dukung komodo masuk Seven Wonders," katanyaMenurut JK, dukungan luas untuk komodo perlu digalangSebab, jika berhasil masuk tujuh keajaiban dunia, dampaknya akan sangat luar biasa.

"Borobudur tidak berhasil masuk dalam Seven Wonders buatan manusia karena minimnya dukunganKali ini kita harus berhasil," tandas JK dengan mimik seriusMenurut dia, jika komodo berhasil masuk tujuh keajaiban dunia, Nusa Tenggara Timur yang menjadi wilayah habitat komodo akan mendapat manfaat luar biasa.

"NTT bisa menjadi Bali keduaMenjadi destinasi wisata kelas duniaWisatawan dari Bali bisa melanjutkan wisata ke NTT," jelasnyaWisata komodo, menurut JK, harus dikelola dengan tetap mengutamakan sisi ekologi, bukan sekadar wisata yang bersifat refreshing semataJK menyebut wisata komodo tetap harus terkendali untuk menghindari dampak kerusakan alam.

Sembari menyusuri rute terpendek Loh Liang, JK menuturkan, mundurnya Indonesia dari daftar tuan rumah rangkaian acara tujuh keajaiban dunia tidak akan mengubah peluang kemenangan komodoPeluang menang tetap terbuka, mengingat komodo adalah satu-satunya satwa dari zaman purba yang masih bertahan hingga kini.

"Antara menjadi host dan masuk dalam Seven Wonders adalah dua hal berbedaIni (usaha masuk tujuh keajaiban dunia) seperti Indonesia IdolSemakin banyak SMS, peluang menang makin besar," bebernya.

Dengan menenteng tongkat dan mengenakan topi rimba, JK bersemangat menuturkan nilai strategis Seven Wonders bagi Indonesia"NTT jelas akan mendapat manfaat dan Indonesia juga akan menikmati manfaat serupa," bebernya.

JK bukan satu-satunya duta komodo yang digaet P2KMasih ada mantan ratu badminton Susi Susanti dan Susi Hartomo yang selama ini dikenal sebagai pakar perawatan wajah dan kosmetikDuta komodo P2K berbeda dengan duta serupa yang ditunjuk Kemenbudpar"Tidak masalah duta dari manaSaya juga tidak sedang mengambil alih pekerjaan pemerintahIni pekerjaan bagi semua untuk Indonesia," tandas JK(jpnn/c2/nw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rumah Majikan Diserang, Nekat Loncat dari Lantai Tiga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler