Ketua DPR Imbau Peserta Aksi 505 Menjaga Suasana Damai

Jumat, 05 Mei 2017 – 17:10 WIB
Setya Novanto. Foto: humas dpr

jpnn.com, JAKARTA - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Hari ini, sebagian saudara kita melakukan aksi damai 505, sudah menjadi hak siapa pun dalam hal ini WNI untuk bersuara sebagai bagian dari penyampaian pikiran dan pendapat yang dijamin oleh undang-undang di negara kita.

BACA JUGA: Komisi X DPR Dukung Penuh NTB Kembangkan Potensi Pariwisata

Oleh karena itu, saya mengimbau pelaksanaan aksi tersebut dilakukan dengan damai, aman dan tertib. Negara telah menjamin kebebasan bersuara dan berpendapat di muka umum.

Karena itu perlu juga sesama kita untuk saling menjamin perasaan dan situasi aman, damai dan sejuk. Suasana yang rukun, harmonis dan saling menghargai aspiras dan perbedaan pendapat.

BACA JUGA: Komisi VIII Dorong Penambahan Anggaran Panti Sosial di Banjarbaru

Ingat, suasana gaduh apalagi aksi anarkistis sangat merugikan kita semua dan meruntuhkan kredibilitas bangsa di mata dunia. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Pemerintahan Jokowi saat ini tengah bekerja keras menjaga sekaligus meningkatkan harkat dan martabat bangsa kita, sehingga sudah sepatutnya kita sebagai sesama anak bangsa untuk mendukung dan menjaga cita-cita mulia ini.

Momentum Pilkada DKI Jakarta lalu, saya kira sudah berjalan dengan baik dan berkualitas. Meski banyak menguras energi dan mengundang kritik konstruktif, namun semuanya menunjukkan kualitas dan kematangan kita dalam berdemokrasi.

BACA JUGA: Komisi IV DPR RI Dukung Pembenahan Sektor Peternakan

Mari kita jaga suasana kondusif ini agar bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Jakarta, seluruh rakyat Indonesia. Kita hindari segala hal yang mengundang perpecahan dan berpotensi menganggu ikatan sosial-kemasyarakatan.

Saya juga mengharapkan aksi hari ini betul-betul dilakukan dalam batas-batas demokrasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. Tidak dalam rangka memaksakan kehendak apalagi mengintervensi proses pengadilan yang sedang berlangsung.

Persidangan kasus dugaan penodaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama telah berlangsung terbuka dan transparan dimana fakta dan bukti dapat kita saksikan bersama, tidak ada yang di tutup-tutupi, tidak ada yang dibuat-buat atau direkayasa. Karena itulah, marilah kita menyerahkan keputusan kasus ini sepenuhnya kepada indepensi peradilan.

Terakhir, saya sangat mengapresiasi aparatur keamanan dalam hal ini Polri yang dibantu TNI, yang sudah pasti akan menjaga keamanan dan kenyamanan massa aksi hari ini, agar selalu sejuk dan damai sesuai tujuan dan keinginan kita bersama.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu


Ketua DPR RI
Drs. H. Setya Novanto Ak, MM

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunjungi RSUD Kota Bengkulu, Komisi IX Beri Apresiasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   DPR  

Terpopuler