Ketua DPR: Pondok Pesantren Garda Terdepan Mengamalkan Pancasila

Sabtu, 03 Juni 2017 – 10:31 WIB
Ketua DPR RI Setya Novanto melakukan Safari Ramadan ke Pondok Pesantren Nurul Qur'an Al Istiqomah, Gresik, Jumat (2/6). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, GRESIK - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Jumat sore (2/6/17), selepas melakukan Safari Ramadan bersama Bupati dan Jajaran Pemerintah Daerah serta tokoh masyarakat dan Alim Ulama di Pendopo Kabupaten Gresik, saya melanjutkan kegiatan Safari Ramadan ke Pondok Pesantren Nurul Qur'an Al Istiqomah, Gresik. Ponpes ini berada dibawah asuhan KH. Syaiful Munir.

BACA JUGA: Aset BPJS Kesehatan Bisa Menutupi Defisit

Saya datang bersama Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan jajarannya, Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Robert Kardinal, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI Roem Kono, Ketua Komisi VII DPR RI Satya Yudha, Anggota DPR RI Adies Kadir, Bapak Gatot Soedjito, dan Ibu Eni Maulani Saragih, serta Staf Khusus Ketua DPR RI Yahya Zaini.

Acara saya awali dengan pembukaan pasar murah di lingkungan pondok pesantren. Menjual berbagai bahan kebutuhan pokok. Alhamdulillah masyarakat menyambutnya dengan suka cita. Insya Allah bisa membantu masyarakat sekitar pondok dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Terutama di bulan suci Ramadan.

BACA JUGA: Komisi IV Pastikan Distribusi Bawang Merah Aman

Setelah itu kami lanjutkan dengan ramah tamah. Saya sampaikan kepada hadirin di lingkungan pondok pesantren, seiring dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni kemarin, saya mengajak pondok pesantren menjadi garda terdepan dalam mengamalkan Pancasila dalam kehidupan di Pondok Pesantren.

Pondok pesantren juga punya posisi dan peran penting dalam membela Pancasila dari serangan ideologi lain. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, memiliki kesamaan seperti nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama Islam. Pancasila dan Islam tidaklah berseberangan, melainkan seiring sejalan.

BACA JUGA: Ketua DPR Safari Ramadan ke Gresik

Saya yakin, pondok pesantren di Gresik, khususnya pondok pesantren Nurul Qur'an Al Istiqomah, serta berbagai pondok pesantren di Indonesia telah memberikan pengetahuan kepada para santrinya mengenai pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara kita.

Seperti kita ingat bersama, di masa perjuangan kemerdekaan, pondok pesantren melalui Kiai dan dan para santri telah menunjukkan perannya dalam mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Pesantren telah menjadi tempat bagi Umat untuk berjihad bagi bangsa dan negaranya.

Kini, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat persatuan dan kesatuan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pancasila.

Kita tidak ingin bangsa kita terpecah belah dalam berbagai sentimen isu SARA. Keanekaragaman Suku, Agama, Ras, dan Kepercayaan bukanlah jurang pemisah. Melainkan kekuatan kita. Perbedaan adalah Rahmat dan Karunia Allah SWT yang diberikan kepada Bangsa Indonesia. Mari kita jaga Rahmat dan Karunia ini dengan baik.

Selesai ramah tamah, acara ditutup dengan buka puasa bersama. Sebuah kebahagiaan bisa menjalin silaturahim dengan kalangan pondok pesantren. Tempat dimana kedamaian sangat mudah ditemukan dan hati senantiasa bisa ingat kepada Allah SWT.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu.


Drs. Setya Novanto, Ak., M.M
Ketua DPR RI

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komisi V DPR Dukung Perluasan Dermaga Utama Basarnas Kawasan Timur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   DPR  

Terpopuler