Ketua Komisi III: Lapas jadi Pendidikan Marketing Narkoba

Rabu, 07 Agustus 2013 – 20:09 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika menyayangkan lembaga permasyarakat (lapas) dijadikan sebagai pabrik narkoba. Karena itu, ia meminta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) segera membenahi sistem lapas.

"Ini semakin membuktikan kondisi saat ini sudah darurat lapas di Indonesia. Kita mendukung dan mendorong jajaran Kemenkumham untuk segera melakukan pembenahan komprehensif dan mendasar tentang sistem pemasyarakatan kita," ujar Pasek kepada wartawan, Rabu (7/8).

BACA JUGA: Lebaran Serentak 8 Agustus

Ia menjelaskan, kejadian itu membuktikan bahwa lapas belum mampu menjelma menjadi lembaga pembina warga negara bermasalah supaya menjadi lebih baik pada saat kembali ke masyarakat.

Saat ini lanjut Pasek, lapas malah menjadi pusat pendidikan marketing narkoba, tempat memproduksi narkoba dan menjadi pusat operator jaringan narkoba. "Lapas harus segera dipulihkan dan disehatkan kondisi dan fungsinya," katanya.

BACA JUGA: GP Ansor: Takbiran di Atas Pohon Saja Boleh, Apalagi Keliling

Seperti diketahui, Kemenkumham dan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri melakukan penggeledahan di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (6/8). Penggeledahan itu terkait laporan tentang "pabrik sabu" di dalam lapas.

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin dan Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri Brigjen Pol Arman Depari. Dalam penggeledahan itu, petugas menemukan bahan pembuat narkoba jenis sabu (prekursor) yakni  tujuh bungkus berisi bubuk berwarna merah dan enam bungkus berisi bubuk berwarna kuning.

BACA JUGA: PBNU Sayangkan bila Peledakan Vihara Atasnamakan Islam

"Ini merupakan zat jenis red posfor yang biasanya digunakan sebagai bahan pencampur atau katalisator dalam proses pembuatan narkotika jenis sabu. Saya lihat ada cairan yang kemungkinan residu atau sisa diproduksi, tapi ini belum dapat kita pastikan," kata Arman. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SDA Sayangkan Muhammadiyah Absen di Sidang Isbat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler