Lebaran Serentak 8 Agustus

Rabu, 07 Agustus 2013 – 19:18 WIB
KETOK: Menag Suryadharma Ali saat mengetok palu dan menyatakan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis (8/8) di kantor Kemenag Rabu (7/8). FOTO: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Lebaran 1434 H dipastikan serentak. Pemerintah baru saja menetapkan 1 Syawal 1434 H jatuh pada Kamis (8/8) besok. Ketetapan ini diambil melalui sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim bahwa tanggal 1 Syawal bertepatan dengan hari Kamis, 8 Agustus 2013 Masehi," kata Menteri Agama Suryadharma Ali mengumumkan hasil sidang isbat.

BACA JUGA: GP Ansor: Takbiran di Atas Pohon Saja Boleh, Apalagi Keliling

Jauh hari Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Kamis (8/8). Biasanya, keputusan dari Ormas Islam yang didirikan KH Ahmad Dahlan melalui perhitungan bulan selalu tidak bersamaan yang ditetapkan pemerintah.

Lewat keputusan sidang Isbat maka hari ini menjadi hari terakhir bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Besok, umat Muslim seluruh Indonesia akan merayakan Hari Idul Fitri alias Lebaran.

BACA JUGA: PBNU Sayangkan bila Peledakan Vihara Atasnamakan Islam

Keputusan sidang didasari hasil hisab serta rukyatul hilal di 33 provinsi. Selain itu ormas-ormas islam serta perwakilan dari negara-negara sahabat juga ikut memberi masukan.

Suryadharma menjelaskan, hasil pantauan tim hisab dan rukyat di lapangan menyebutkan bahwa hilal (bulan) terlihat di Fakfak Papua Barat, Bukit Condro Dipo Jawa Timur, dan Pantai Alam Indah Jawa Tengah. Kesaksian atas kemunculan hilal, lanjutnya, dapat dipercaya karena setiap saksi disumpah oleh hakim pengadilan agama di lokasi masing-masing.

BACA JUGA: SDA Sayangkan Muhammadiyah Absen di Sidang Isbat

"Menandai masuknya Idul Fitri marilah kita bersama-sama membaca takbir 3 kali," ujar menteri asal PPP tersebut sebelum menutup sidang. (dil/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... NU dan PERSIS Pastikan Besok Lebaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler