Ketua Komisi X DPR Ungkap Alasan Timnas Futsal Layak Tampil di SEA Games 2021

Senin, 11 April 2022 – 20:07 WIB
Skuad Timnas futsal Indonesia yang berlaga di Piala AFF Futsal 2022. Foto: Twitter/timnasfutsalIDN

jpnn.com, JAKARTA - Prestasi apik yang ditorehkan timnas futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022 turut mendapat apresiasi dari Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

Syarif berharap keberhasilan tersebut turut membuka mata Kemenpora dengan mau memberangkatkan Sunny Rizky cum suis ke SEA Games 2021.

BACA JUGA: Tengah Malam, Pria di Surabaya Garap Anak Sendiri saat Sang Istri Tak di Rumah

Timnas futsal sendiri tidak diberangkatkan mengingat tahun ini Komite Olahraga Indonesia (KOI) melakukan pembatasan kuota karena adanya keterbatasan dana.

“Prestasi timnas futsal Indonesia sangat baik di Asia Tenggara. Sangat aneh jika Kemenpora tidak mengikutsertakan mereka ke SEA Games dengan alasan kurang bersaing,” ungkap politisi partai PKB itu dalam rilis tertulis.

BACA JUGA: SEA Games 2021: Manajer Beri Kabar Bahagia Soal Timnas Futsal Putra Indonesia

Syaiful Huda mengaku terpukau dengan permainan skuad timnas futsal Indonesia yang mampu merepotkan Thailand pada partai pemungkas.

Bermaterikan pemain muda, anak asuhan Mohammad Hashemzadeh itu bisa memaksakan tim berjuluk Gajah Perang hingga babak adu tendangan penalti.

BACA JUGA: Dua Pelaku Begal Tewas di Tangan Korbannya, Begini Kronologinya

Meski akhirnya kalah, perjuangan para pemain di lapangan layak diapresiasi mengingat dalam beberapa tahun terakhir turnamen futsal sempat vakum akibat pandemi Covid-19.

“Kami bangga dengan perjuangan Sunny Rizky dan kawan-kawan yang bisa menembus final meski harus mengakui keunggulan tuan rumah di babak tos-tosan. Itu prestasi tersendiri untuk mereka,” katanya.

Sejatinya timnas futsal Indonesia merupakan satu di antara yang terbaik di dataran Asia Tenggara.

Ranking Indonesia pada permainan sepak bola lima melawan lima itu bahkan di dunia berada pada urutan ke-45 dan masuk 10 besar pada level Asia.

Tidak heran akan menimbulkan pertanyaan jika ke depannya cabang olahraga yang memang berpeluang mendapat emas tidak berangkat ke SEA Games 2021.

“Secara proximity futsal merupakan salah satu cabang olahraga dengan basis fan yang cukup besar. Maka tidak alasan Kemenpora untuk tidak memberangkatkan timnas futsal ke Hanoi bulan Mei ini,” pungkasnya.

Futsal termasuk ke dalam 14 cabang olahraga prestasi yang tidak berangkat ke SEA Games 2021.

Selain futsal beberapa cabor lainnya yang gagal berangkat dan punya peluang meraih medali di antaranya dansa, senam ritmik, loncat indah, biliar, hingga tenis meja.

Beberapa cabang olahraga tersebut tidak diberangkatkan seusai tidak masuk dalam kriteria tim review Kemenpora yang punya wewenang melakukan uji kelayakan.

BACA JUGA: Ade Armando Babak Belur Dikeroyok Pedemo di DPR, Celananya Dipeloroti

Tim review Kemenpora beralasan selain terbatasnya kuota, beberapa cabor tersebut punya peluang kecil sehingga tidak terlalu diperjuangkan untuk tampil pada turnamen dua tahunan olahraga antar negara di Asia Tenggara itu.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler