Ketua MPR: IMI Adakan Beberapa Kejuaraan Balap Nasional dan Internasional 2022

Minggu, 16 Januari 2022 – 17:52 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam Rakornis IMI 2022 yang diikuti pengurus IMI pusat dan 34 provinsi di Kantor IMI pusat, kawasan GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (15/1). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memaparkan hasil Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) IMI 2022 yang dilakukan Komisi A (organisasi), Komisi B (olahraga mobil), Komisi C (olahraga sepeda motor), dan Komisi D (mobilitas dan event internasional).

Beberapa hasil pembahasan di Komisi B, antara lain, Kejurnas Motoprix 2022 balap motor kembali diselenggarakan.

BACA JUGA: Ketua MPR Membahas Hasil Rakornis IMI Pusat, Simak

Yakni, terdiri atas regional A 4 putaran, regional B 4 putaran, regional C 4 putaran, regional D 4 putaran, dan grand final 1 putaran.

"Ditambah Kejuaraan Nasional IMC Oneprix 2022 yang dilakukan lima putaran dan dilaksanakan promotor nasional (pronas),'' ucap Bamsoet.

BACA JUGA: Sekjen MPR: SDM Harus Berpikir Kritis, Kreatif, dan Inovatif

Peserta Kejurnas IMC Oneprix 2022 untuk masing-masing kelas atau kategori, antara lain, 12 besar peringkat IMC Oneprix 2021, 12 besar peringkat Motoprix Piala Presiden 2021, dan 6 peserta ditentukan OMM.

Selain itu, ada event Indonesia Motorsport Series (IMS 2022) dan Nusantara Series 2022 dengan jumlah putaran yang akan ditentukan dan dilaksanakan pronas," ujarnya.

BACA JUGA: Bagi Pencinta Balap Vespa, Ada Kabar Gembira nih dari Ketua MPR

Hal itu dikatakan Bamsoet setelah menutup Rakornis IMI 2022 yang diikuti pengurus IMI pusat dan 34 provinsi di Kantor IMI pusat, kawasan GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (15/1).

Ketua ke-20 DPR RI ini menambahkan, selain level kejurnas, ada kejuaraan balap motor setingkat nasional atau klub event di bawah pengawasan IMI pusat.

Di antaranya, Sumatra Cup Prix, Yamaha Cup Race, Yamaha Sunday Race, serta Honda Dream Cup.

"Kejurnas drag bike yang dilaksanakan IMI provinsi terdiri atas regional 1 enam putaran, regional 2 tiga putaran, regional 3 tiga putaran, regional 5 dan 6 tujuh putaran, dan grand final satu putaran, ungkap Bamsoet.

Kejuaraan setingkat nasional atau klub event di bawah pengawasan IMI pusat, antara lain, Sumatera Drag Bike Championship.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, Kejurnas Motocross 2022 akan digelar lima putaran dan dilaksanakan pronas atau IMI provinsi.

Kejurnas Grasstrack 2022 diselenggarakan IMI provinsi yang terdiri atas regional 1A lima putaran, eegional 1B tiga putaran, regional 2 tiga putaran, regional 4 empat putaran, dan regional 5 enam putaran, serta grand final satu putaran.

Ketua umum IMI ini menerangkan, IMI Mobilitas juga berkoordinasi dengan Bea Cukai untuk program impor khusus kendaraan balap maupun spare part dalam meningkatkan prestasi para atlet balap.

IMI Mobilitas juga mempersiapkan Jelajah Mobil Listrik (Green Rute) dari Surabaya ke Bali untuk mengampanyekan percepatan migrasi dari bahan bakar minyak ke listrik.

"IMI akan menyiapkan MiniGP dan MXGP. MiniGP yang diikuti pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun ini sangat bermanfaat sebagai ajang pencarian bakat untuk bisa berlaga dalam ajang MotoGP," tandas Bamsoet. (mrk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... MPR RI Selenggarakan Turnamen Catur Indonesia Master II, Catat Waktunya


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler