Ketua MPR: Sebaiknya Laksanakan Pemilu dengan Bahagia, Bukan Saling Menjatuhkan

Selasa, 23 Mei 2023 – 23:11 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat berkunjung ke wilayah Jawa Tengah, Selasa (23/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, PURBALINGGA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat untuk melaksanakan Pemilu 2024 dengan bahagia dan damai.

Pesan itu disampaikan Bamsoet yang akrab disapa saat mengunjungi tiga daerah ini, yakni Kabupaten Purbalingga, Kebumen dan Banjarnegara.

BACA JUGA: Bamsoet Ingatkan Kader Golkar di Banjarnegara Soal Bahaya Demokrasi Transaksional

"Sebaiknya kita laksanakan Pemilu dengan rasa bahagia, sebagaimana seharusnya pesta dalam berdemokrasi," pesan Bamsoet.

Saat bertemu kader dan simpatisan Partai Golkar di tiga daerah tersebut, Bamsoet juga mengajak untuk tidak melakukan kampanye hitam jelang Pemilu 2024, termasuk saling menjatuhkan ataupun menjelek-jelekkan caleg atau capres lain.

BACA JUGA: Bamsoet: Presiden Iran Ajak Indonesia Menjalin Kerja Sama di Berbagai Sektor

Menurut Bamsoet, lebih baik saling memuji kelebihan masing-masing sehingga menghadirkan kebahagiaan.

"Hindari praktek politik identitas yang berpotensi memunculkan perpecahan. Kalau saling menjelekkan dan menjatuhkan yang muncul adalah pertikaian. Itu artinya bukan pesta demokrasi," pesannya.

Di bagian lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengaku kesibukannya sebagai Ketua MPR telah menyita sebagian besar waktu yang dimiliki.

Hampir setiap hari, termasuk hari libur, sangat banyak kegiatan yang harus diikuti.

Karena itu, kesempatannya untuk mengunjungi daerah pemilihan (Dapil) menjadi berkurang.

Demikian pula peluangnya untuk bertemu langsung, bertatap muka dengan para konstituen menjadi banyak terkendala.

Namun Bamsoet memastikan kesibukannya itu tidak membuatnya lupa dengan daerah pemilihan maupun konstituen.

Dia selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di Dapil Jawa Tengah VII, yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Kebumen dan Banjarnegara.

Pada saat tertentu, ia bahkan menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan, dan sering mendapat laporan dari pengurus DPD Partai Golkar terkait kondisi yang ada.

"Jauh di mata dekat di hati. Begitu kata-kata yang pas. Sampai-sampai wajah para Ketua DPD dan jajarannya sering terbawa mimpi. Jelas, itu semua terjadi karena rasa rindu dan keinginan saya untuk bertemu dengan para kader dan konstituen semua," ujar Bamsoet seusai mengunjungi kantor DPD II Partai Golkar Purbalingga, Kebumen dan Banjarnegara di Jawa Tengah, Selasa (23/5).

Dalam kesempatan itu, Bamsoet juga menyampaikan salam dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tengah mendampingi Presiden Jokowi ke Jepang.

Kata Bamsoet, Airlangga Hartarto meminta kader dan simpatisan Partai Golkar bersabar, karena saat ini partai berlambang Beringin itu belum menentukan arah dukungan pada Pilpres 2024.

"Partai Golkar konsisten melanjutkan amanat Munas untuk mencalonkan kadernya menjadi presiden atau wakil presiden," tegas Bamsoet. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler