Ketum IMI Siap Kenalkan EHang 216 di KTT G-20

Selasa, 02 Agustus 2022 – 22:47 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menerima jajaran direksi EHang dari China, di Jakarta, Selasa, (2/8). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Prestige Aviation akan mengenalkan EHang 216 pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G-20) yang berlangsung di di Bali November 2022.

Pengenalan transportasi udara itu sebagai upaya promosi mempercepat penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi udara.

BACA JUGA: Ternyata Sebegini Harga Pesawat Ehang 216 Milik Rudi Salim

Pria yang menjabat sebagai ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu mengatakan tidak hanya bagi Indonesia, melainkan untuk warga dunia lainnya.

Bamsoet menyebut taksi terbang itu sudah di lakukan uji coba terbang di beberapa tempat seperti di Bali dan terakhir pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

BACA JUGA: Bamsoet Dukung Pengadaan EHang 216 sebagai Official Aircraft IMI

"Dalam waktu dekat izin terbang dengan penumpang manusia bisa segera didapatkan. Sehingga bisa mendukung penggunaan alat transportasi udara massal berbasis listrik," ujar Bamsoet seusai menerima jajaran direksi EHang dari China, di Jakarta, Selasa, (2/8).

Jajaran direksi EHang dari China yang hadir antara lain, Vice President Zhe Jun Tang, Asia Pacific Sales Director Bill Choi, Marketing Director Tian Xing He, dan Executive Chairman of Prestige Aviation Rudy Salim.

BACA JUGA: Sukses Mengudara di Langit Jakarta, EHang Siap Terbang di IKN Nusantara

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan EHang 216 sudah digunakan mengangkut penumpang di beberapa negara, seperti Belanda, Austria, dan China.

Sementara tanpa penumpang, kendaraan ramah lingkungan itu sudah dicoba di Jepang, Korea, Estonia, USA, Dubai, Qatar, dan Canada.

Dengan total 30.000 kali terbang.

"Kendaraan udara otonom, autonomous aerial vehicle ini menjadi official aircraft IMI, yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Misalnya mengontrol sirkuit balap maupun melakukan pengawasan berbagai turnamen dan sirkuit balap sesuai ketentuan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM)," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menerangkan, untuk kebutuhan dunia usaha, Black Stone Cargo Airlines merupakan perusahaan penerbangan pertama yang membeli kendaraan tersebut.

Ke depannya tidak menutup kemungkinan akan bertambah sesuai kebutuhan.

EHang 216 digunakan untuk mendistribusikan kargo dari berbagai tempat antara lain dari Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati maupun dari bandara lainnya ke berbagai wilayah lain yang tidak bisa dijangkau oleh pesawat.

"EHang 216 juga dioperasikan atas perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memotret dan memetakan wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada awal Januari 2022," pungkas Bamsoet. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bamsoet Kenalkan Taksi Terbang eHang 216, Baru 1 Unit di Indonesia


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
MPR   Bamsoet   EHang 216   KTT G20   Taksi terbang  

Terpopuler