Khawatir Harga Cabe Naik Lima Kali Lipat

Rabu, 13 Juli 2011 – 09:25 WIB

BANDUNG - Bayangan harga cabe melonjak menembus Rp40 ribu per kilogram, seperti Ramadhan tahun lalu, sudah membuat warga cemasMemang, untuk saat ini, kenaikan harga masih jauh dari angka itu

BACA JUGA: BI Imbau Nasabah Perhatikan SBDK

Di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, misalnya, harga "masih" Rp
5000 per kilonya, dari sebelumnya Rp4.000.

Jajang Sumarna, 26, warga Kampung Cisalasih RT 1/5 Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengatakan, bukan tidak mungkin harga cabe tiba-tiba melonjak.

"Biasanya, harga cabe akan melonjak pada Ramadhan dan menjelang Lebaran

BACA JUGA: Waspadai Daging Glonggongan dan Ayam Bangkai

Tahun lalu saja, harga cabe mecapai Rp25-40 ribu per kilogramnya
Bahkan, cabe rawit tahun lalu pernah dibanderol hingga Rp8 ribu per kilogram

BACA JUGA: Pasar Baja Diprediksi Tembus 9,5 Juta Ton

Biasanya, harga cabe itu mulai marema pada tanggal 25-an bulan puasaItu juga jika tidak ada gangguan berupa cabe impor," ujar Jajang yang bercocok tanam Cabe merah, tomat dan sayuran pecay ini.

Menurut Jajang, dua pekan terakhir, harga jual cabe dipasaran naik sekitar Rp1.000 per kilogram"Sebelumnya, cabe itu dijual dengan harga Rp4.000Sekarang harganya mulai naik Rp5.000 per kiloramnya," katanya saat ditemui di lading kebun Cabenya, di Lembang, kemarin (12/7).

Dia cerita, dalam satu tahun dirinya bisa memetik hasilnya mencapai 35 kaliDengan catatan, panen itu dihasilkan dari dari bibit unggulSelama ini, dia membeli bibit itu dari wilayah sekitar Kecamatan Lembang yang terkenal memiliki bibit dan sayur-mayur unggulan"Dari panen kira-kira sebanyak 35 kali itu saya bisa menghasilkan cabe merah keriting sebanyak enam ton," katanya.

Jajang menggunakan lahan perkebunan yang disewa dari pemilik tanahHarga sewa satu tahun untuk 400 tumbak sekitar Rp1,5 juta"Selama setahun itu, saya bisa menanam hingga dua sampai tiga  kali masa tanam," ujarnya seraya memperlihatkan kebunnya yang ditumpangsarikan dengan bantuan mulsa untuk mengurangi tanaman pengganggu.

Naiknya harga jual cabe juga dirasakan Imas, 50, orangtua Jajang"Harga jual ini akan terus menaik dari puasa hingga menjelang lebaran nantiItu pun tergantung dari kebun jika tidak terganggu hama penyakit tumbuhanJadi, panen yang dihasilkan itu berupa sayuran berkualitas baik," kata Imas(don/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lotte Kuasai Ritel Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler