Khofifah Sodorkan Tiga Usulan Pembangunan Jatim ke Jokowi

Selasa, 09 Juli 2019 – 21:19 WIB
Khofifah Indar Parawansa

jpnn.com, BOGOR - Setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan tiga usulan besar untuk mempercepat pembangunan Jawa Timur (Jatim) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usulan itu disampaikan Khofifah dalam rapat terbatas kabinet membahas percepatan pembangunan provinsi, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7).

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Meski Presiden Kayak Pahlawan Pemberi Amnesti, tapi kan Capek, Pak

Usulan pertama adalah pembangunan wilayah Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan). Khofifah menginginkan transportasi publiknya terkoneksi.

BACA JUGA: Bu Khofifah Siapkan 2 Kapal Rumah Sakit untuk Jatim

BACA JUGA: Jokowi Sebut PPP Pantas Minta 9 Kursi Menteri

"Gerbangkertasusila ini agak terlambat untuk siapkan opsi transportasi publik yang bisa mudahkan koneksivitas wilayah itu. Ini kalau dalam peta industri Jatim masuk ring satu, tapi agak telat. Kalau di Jakarta sudah ada empat ringroad, di sana belum," ucap Khofifah usai rapat.

Saat ini, kata mantan Menteri Sosial, di sana baru dibangun Surabaya Eastern Ringroad. Selain dibangun transportasi di kawasan Gerbangkertasusila, konektivitas antarkabupaten dalam ring 1 Jatim juga disiapkan transportasi publiknya termasuk MRT dan penambahan kereta commuter sampai ke Tuban.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Bawa Satu Bundel Usulan, Jokowi Cuma Minta Tiga

Usulan kedua Jatim adalah terkait BTS (Bromo-Tengger-Semeru) yang dululnya sudah masuk program strategis nasional atau PSN. Khofifah berharap wilayah BTS ini dipercepat pembangunannya. Sehingga akses wisatawan di BTS lebih mudah.

BACA JUGA: Kebijakan Khofifah Gratiskan SPP SMA-SMK Negeri Diapresiasi

Sejalan dengan itu, Jatim juga meminta pelabuhan Tj Tembaga di Probolinggo bisa diperluas dan dilakukan pengerukan supaya bisa disinggahi kapal pesiar. Apalagi kawasan tersebut akan menyambung dengan BTS.

"Kami ingin itu lebih luas dan lebih dalam. Itu akan nyambung dengan BTS. Kalau sudah (kapal) cruise masuk Probolinggo, dia akan masuk ke Kalianget untuk akses Sumenep. Di Kalianget ada Gili Labak yang ndak kalah indahnya dengan Raja Ampat," kata Khofifah.

Terakhir, Khofifah ingin agar apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan minyak Rusia, Rosneft Oil Company terkait penyiapan keterampilan kerja, dapat berdampak luas tidak hanya bagi PDRB Jatim, tapi juga PDB nasional. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Pertumbuhan Ekonomi Jateng


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler