Khofifah Ungkap Peran Penting Sektor SKT untuk Perekonomian Jawa Timur

Minggu, 13 Oktober 2024 – 21:15 WIB
Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke fasilitas produksi sigaret kretek tangan (SKT) milik PT HM Sampoerna Tbk di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (12/10). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa menilai sektor produksi rokok sigaret kretek tangan (SKT) berperan penting dalam perekonomian Jatim.

Khofifah menyampaikan itu saat berkunjung ke fasilitas produksi SKT milik PT HM Sampoerna Tbk di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (12/10).

BACA JUGA: Khofifah-Emil Unggul di Survei, tetapi Masih Bisa Dikalahkan

“Saya sudah keliling ke banyak pabrik SKT, dan mereka adalah industri padat karya. Ini sangat berarti bagi Jatim, yang tentu tidak hanya berdampak pada produktivitas perusahaan, tetapi juga pada kesejahteraan keluarga mereka,” kata Khofifah.

Khofifah dalam kesempatan itu juga menyoroti semangat luar biasa yang ditunjukkan para pekerja perempuan yang mendominasi segmen SKT.

BACA JUGA: Kinerja Khofifah-Emil Jelas Terbukti, Ratusan Pendeta se-Jatim Komitmen Beri Dukungan

Menurut Khofifah, peran perempuan di sektor industri, seperti industri hasil tembakau (IHT) sangat signifikan, terutama di Jawa Timur yang merupakan salah satu wilayah dengan produksi hasil tembakau terbesar di Indonesia.

“Kaum perempuan di sini tidak hanya berkontribusi terhadap pertumbuhan industri, tetapi juga menjadi tulang punggung keluarga dan SKT menjadi bukti bagaimana padat karya itu masih bisa dilakukan,” ungkapnnya.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Curhat ke Khofifah, Sulit Bersaing di Era Daring

Khofifah menyatakan bahwa sektor IHT, khususnya di Jatim, memiliki peran strategis dalam menyerap tenaga kerja.

Berdasarkan data, puluhan ribu tenaga kerja dipekerjakan di berbagai pabrik rokok di Jatim, dengan mayoritas di antaranya adalah perempuan. “Jadi, SKT ini menjadi bukti mampu untuk menyerap tenaga kerja,” katanya.

Selain memuji kontribusi perempuan, Khofifah juga menekankan pentingnya melindungi hak-hak pekerja di sektor IHT.

Menurut dia, kesejahteraan pekerja, terutama kaum perempuan, harus tetap menjadi prioritas.

“Di sini, yakni di Plant SKT Sampoerna di Blitar, juga ada pekerja disabilitas. Ini menjadi bukti adanya peluang bagi penyandang disabilitas untuk bisa bekerja,” ungkapnya.

Tak hanya menyoroti semangat kerja para perempuan, Khofifah juga menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya pengembangan industri yang berkelanjutan di Jatim.

Dia percaya bahwa sektor IHT dapat terus berkembang dengan baik selama pemerintah dan pelaku industri bekerja sama dalam menghadapi tantangan. (mcr23/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ardini Pramitha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler