Kiai FM Diperiksa Polisi terkait Dugaan Pencabulan Santriwati

Kamis, 12 Januari 2023 – 22:39 WIB
Tim kuasa hukum mendampingi pengasuh pondok pesantren saat diperiksa di Mapolres Jember, Kamis (12/1/2023) (ANTARA/Zumrotun Solichah)

jpnn.com, JEMBER - Kiai FM selaku pengasuh salah satu pondok pesantren di Jember, Jawa Timur akhirnya diperiksa polisi terkait dugaan pelecehan seksual terhadap sejumlah santriwati.

Pemeriksaan Kiai FM berlangsung di Mapolres Jember pada Kamis (12/1). Polisi juga memeriksa beberapa santriwati sebagai saksi.

BACA JUGA: Kiai FM Diduga Mencabuli Sejumlah Santriwati di Jember, Polisi Bergerak

"Hari ini ada empat orang saksi yang diperiksa, salah satunya adalah Kiai FM yang diperiksa untuk pertama kalinya," kata kuasa hukum terlapor FM, Andi C Putra.

Tiga santriwati yang diperiksa sebagai saksi merupakan pemeriksaan tambahan karena sebelumnya mereka sudah diperiksa beberapa hari lalu.

BACA JUGA: Begini Kata Bu Retno soal Kasus Kiai FM Diduga Mencabuli Santriwati

Pemeriksaan keempat saksi itu, termasuk Kiai FM juga didampingi Andi selaku kuasa hukum kedua pihak.

Sebelumnya Polres Jember sudah dua kali memanggil terlapor Kiai FM yang masih berstatus saksi.

BACA JUGA: Dukung Pelarangan Anak Bermain Lato-Lato di Sekolah, FSGI Sentil KPAI

Namun, dua pemanggilan, pengasuh ponpes itu tidak hadir dengan alasan sakit.

Sementara itu, kuasa hukum HA selaku pelapor yang juga istri Kiai FM, Yamini menyebut pemeriksaan psikologi juga dilakukan terhadap empat santriwati, dua diantaranya merupakan anak-anak di bawah umur.

Dia pun membantah HA mencabut laporan karena istri Kiai FM itu mendapat banyak dukungan setelah mengungkap dugaan pencabulan santriwati oleh sang suami.

"Banyak dukungan yang mengalir untuk pelapor yang juga istri Kiai FM itu, sehingga tidak benar isu yang menyebutkan bahwa pelapor mencabut laporannya di Polres Jember," tutur Yamini.

Menurut Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jentera Perempuan Indonesia itu, pihak Polres Jember juga sudah melakukan visum et repertum terhadap empat orang santriwati yang diduga korban tindakan asusila sang kiai.

Pengasuh ponpes di Kecamatan Ajung, Kiai FM dilaporkan istrinya HA ke Polres Jember atas dugaan tindakan asusila terhadap sejumlah santriwati.

Kasus pencabulan itu mendapat perhatian Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang menurunkan tim ke Jember.

kementerian PPPA juga meminta bantuan Polda Jatim mengawal proses penegakan hukum terkait kasus pengasuh ponpes cabuio santri itu.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler