Kiai Nahdiyin Jadi Sasaran, Cak Imin Minta Polri Cekatan

Selasa, 20 Februari 2018 – 21:34 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mendesak pemerintah bergerak cepat dalam menangani teror dan kekerasan terhadap pemuka agama. Menurutnya, teror juga menyasar kiai-kiai Nahdatul Ulama (NU).

“Pemerintah jangan diam, segera ambil tindakan. Teror ke kiai-kiai pesantren ini mulai meresahkan,” kata Cak Imin di Jakarta, Selasa (20/2).

BACA JUGA: Nih, Kejutan-kejutan Berpotensi Muncul di Pilpres 2019

Kiai nahdiyin yang jadi sasaran teror adalah pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah di Ploso, Kediri dan pengasuh Ponpes Mambaul Maarif Denanyar, Jombang. Cak Imin -panggilan Muhaimin- menyebut teror itu sudah sangat meresahkan

Sebagai informasi, orang tak dikenal menyatroni dua pengasuh Ponpes Alfalah Ploso, Kediri KH Zainuddin Jazuli dan KH Nurul Huda Jazuli dengan membawa pisau sambil berteriak tidak sopan pada Senin (19/2) malam. Beruntung, pengurus pesantren bertindak sigap menangkap orang tak dikenal itu.

BACA JUGA: Priittt... Ada Kartu Hijau dari Nahdiyin untuk Cak Imin

Lebih lanjut Cak Imin mengatakan, Polri harus proaktif dalam mengusut kasus-kasus itu. “Segera cepat ambil langkah untuk mendeteksi aksi teror dan kekerasan ke rumah ibadah atau tokoh agama,” ujarnya.

Namun, politikus berjuluk Panglima Santri itu juga meminta masyarakat tetap tenang. Dia mewanti-wanti masyarakat tak terprovokasi.

BACA JUGA: Menteri Hanif Gulirkan Liga Pekerja Zona Sulbar

“Jangan mau diadudomba, sesama anak bangsa harus rekatkan persaudaraan kemanusiaan. Kalau ada yang mencurigakan, segera lapor ke polisi,” tegasnya.

Mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu juga mengajak para kiai dan umat Islam memperkuat silaturahmi untuk membentengi diri dari isu yang tidak jelas.

“Efektifkan tabayun dan jangan pernah mau diadu domba oleh kekuatan yg memakai modus ‘orang gila’ dan lain sebagainya,” pintanya.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyerangan Ulama dan Tempat Ibadah Harus Usut Tuntas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler