Kiai Said Aqil Sebut Anies-Muhaimin Contoh Pemimpin Berilmu

Sabtu, 13 Januari 2024 – 16:41 WIB
KH Said Aqil Siradj saat bersama Capres-Cawapres RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri Haul KH Bisri Syansuri di Jombang, Jawa Timur, Jumat malam (12/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, JOMBANG - Mantan Ketua Umum PBNU Prof. KH Said Aqil Siradj sempat menyinggung jasa kakek Capres RI Anies Baswedan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hal itu disampaikan Kiai Said ketika bersama Anies dan Cawapres RI Muhaimin Iskandar menghadiri Haul ke-45 KH. M. Bisri Syansuri, Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71, Masyayikh dan Dzuriyat serta peringatan Harlah ke-109 Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Jombang, Jumat (12/1.

BACA JUGA: Anies Apresiasi Kapolri yang Tangkap Pelaku Pengancaman Pembunuhan Terhadap Dirinya

"Kakek beliau AR Baswedan keliling ke Palestina, ke Mesir berjasa besar untuk menyambungkan kemerdekaan Indonesia dan menjadi pahlawan nasional," ujar Kiai Said.

Pada kesempatan itu, Kiai Said juga meminta para santri jangan memilih pemimpin yang tidak berilmu.

BACA JUGA: Pengancam Tembak Anies Baswedan Ditangkap Polisi di Jember

"Pilih pemimpin yang berilmu. Hancur negara bila dipimpin oleh orang yang tidak berilmu. Pemimpin tidak boleh rakus, tamak. Pak Anies dan Muhaimin akan menjadi contoh sebagai pemimpin yang secukupnya," ujar Kiai Said.

Menurutnya, seorang pemimpin itu harus berani menyatakan sikap yang benar, termasuk memiliki keberanian untuk memberantas korupsi.

BACA JUGA: Soal Ancaman Tembak terhadap Anies, Kombes Yusuf Beri Info Begini

"Pemimpin juga harus sehat fisik dan mentalnya. Pilih sesuai hati nurani dan saya harapkan aparat, polisi, TNI, dari presiden sampai RT harus netral," ujarnya.

Pada haul itu Anies Baswedan duduk di depan panggung dengan diapit oleh Kiai Said Aqil dan KH. Marzuki Mustamar.

Acara itu juga dihadiri sejumlah tokoh, mulai KH. Abdussalam Shohib/Gus Salam (Pengasuh PP Mambaul Ma’arif), Ibu Nyai Naili Zaikiyah Munif (Istri pengasuh Mambaul Ma’arif), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj (Mantan Ketua Umum PBNU), Habib Umar Al Muthohar (Pimpinan PP Al-Madinah), dan KH. M. Abdurrohman Al Kautsar/Gus Kautsar (Penceramah).

Hadir pula para kiai sepuh, antara lain KH. Anwar Mansur (Pimpinan PP Lirboyo Kediri/Rois Syutiah PWNU Jatim), KH. Nurul Huda Djazuli (Pimpinan PP Alfalah Ploso Kediri), KH. Anwar Iskandar (Pimpinan PP Al-Amin Kediri), KH. Marzuki Mustamar (Pimpinan PP Sabilur Rosyad Malang),  KH. Agus Ali Mashuri (Pimpinan PP Bumi Sholawat Sidoarjo), dan KH. Masduqi Abdurrohman Al Hafidz (Pimpinan PP Raudhatul Tahfizil Qur’an Perak Jombang).(*/jpnn.com)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler