Kiat Meredakan Badan Lelah Saat Hamil

Senin, 12 Februari 2018 – 04:46 WIB
Perempuan mengandung. Foto: thebreastcancer

jpnn.com - Memasuki trimester kedua, keluhan badan lelah pada ibu hamil biasanya akan mereda. Pada masa ini, ibu hamil bisa sedikit lebih santai dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya.

Mual dan muntah berlebihan yang mulai mereda bisa meminimalkan cairan yang keluar dari tubuh ibu hamil.

BACA JUGA: Penyebab Badan Lelah pada Ibu Hamil

Namun, saat memasuki trimester ketiga, ibu hamil akan kembali merasa lelah. Hal ini dipengaruhi oleh beban dari bayi di dalam perut, dan berat badan ibu hamil.

Selain itu, ukuran rahim yang bertambah besar juga dapat menekan kandung kemih, yang kemudian meningkatkan frekuensi berkemih.

BACA JUGA: Hamil setelah Terkena Sperma di Kolam Renang, Terlalu!

Frekuensi berkemih yang bertambah bisa memengaruhi waktu tidur ibu hamil. Alhasil, kurang tidur bisa meningkatkan perasaan lelah pada ibu hamil.

Rasa lelah berlebihan saat kehamilan mungkin membuat Anda khawatir. Namun, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan keluhan badan lelah, yaitu:

BACA JUGA: Gerhana Bulan dan Supermoon Berbahaya bagi Ibu Hamil?

1. Istirahat yang cukup.

Anda perlu memiliki waktu istirahat yang cukup, apalagi ketika sedang merasa lelah. Anda bisa memulai waktu tidur lebih awal atau menyempatkan diri untuk tidur siang.

Selain itu, kurangi konsumsi air beberapa jam sebelum waktu tidur untuk menekan frekuensi berkemih.

2. Asupan gizi seimbang.

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh. Anda harus mendapat asupan kalori, zat besi, dan protein dalam jumlah cukup. Anda juga perlu mencukupi asupan cairan selama kehamilan.

3. Melakukan olahraga.

Saat hamil, Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang. Contohnya, Anda bisa melakukan olahraga seperti berjalan 30 menit per hari.

4. Mengatur aktivitas sehari-hari.

Anda perlu mengatur aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Anda harus membatasi aktivitas selama kehamilan, agar tidak menguras tenaga. Hal ini penting demi kesehatan janin.

Mintalah bantuan suami, kerabat dekat, atau teman kerja untuk membantu menyelesaikan aktivitas atau pekerjaan Anda.

Badan lelah di masa kehamilan merupakan hal wajar. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mencoba beberapa upaya di atas.

Namun, bila semua cara tersebut belum bisa meredakan keluhan badan lelah saat hamil, segera konsultasikan dengan dokter.

Sebab, tidak menutup kemungkinan ada masalah kesehatan yang bisa menimbulkan kondisi badan lelah.(BA/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hindari Makan Pisang Bila Ingin Hamil Anak Perempuan?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
hamil   Ibu Hamil  

Terpopuler