Kisruh Pergantian Ketum Kadin, Jokowi: Selesaikan Secara Baik-Baik di Internal

Selasa, 17 September 2024 – 15:35 WIB
Presiden Joko Widodo di Menara Danareksa, Selasa (17/9). Foto: Dokumentasi Biro Pers dan Istana

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons kisruh terkait pergantian ketua umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Presiden Jokowi meminta supaya persoalan pergantian ketum Kadin itu diselesaikan secara baik-baik di organisasi tersebut.

BACA JUGA: Mengacu Keppres, KSPI Dukung Arsjad Jadi Ketua Kadin Indonesia

"Ini (Kadin) bukan organisasi politik, ini adalah organisasi pengusaha, sehingga saya minta selesaikan secara baik-baik di internal Kadin. Jangan nanti bola panasnya disorong ke saya," kata Jokowi, di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (17/9).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa selama menjabat sebagai presiden RI, selalu menjalin hubungan baik semua pihak yang pernah memimpin Kadin.

BACA JUGA: Pengamat Minta Pejabat Negara Tak Dukung Munaslub Kadin

Jokowi bahkan dalam berbagai kesempatan sering mendatangi acara yang digelar oleh Kadin.

"Selama 10 tahun saya menjabat, saya dekat dengan Kadin, enggak sekali dua kali saya datang di acara Kadin dahulu, baik yang Pak Suryo Bambang, Pak Rosan Roeslani, Pak Arsjad, baik juga dengan Pak Anin, baik semuanya," ungkap dia.

BACA JUGA: Ketum Kadin Arsjad Rasjid Surati Jokowi

Jokowi mengaku terbuka untuk bertemu dengan siapa pun. Namun, Jokowi menegaskan supaya persoalan Kadin diselesaikan secara internal.

"Siapa pun bertemu dengan saya, saya terbuka, enggak ada masalah, tetapi sekali lagi selesaikan masalah Kadin di internal Kadin, jangan menyorong bola panasnya ke presiden," kata mantan wali kota Surakarta, itu.

Untuk diketahui, Kadin saat ini sedang mengalami konflik internal seusai digelarnya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang menunjuk Anindya Bakrie sebagai ketum Kadin periode 2024-2026 menggantikan Arsjad Rasjid. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler