Klaim Sukses 100 Hari Dipertanyakan

Sabtu, 06 Februari 2010 – 19:54 WIB
JAKARTA—Pemerintah mengklaim bahwa selama 100 hari pemerintahan dibawah kepemimpinan SBY-Boediono berjalan dengan suksesDari 56 rencana aksi, hanya satu yang mengalami penundaan

BACA JUGA: Demokrat Dinilai Terlalu Sensitif dan Ketakutan

Namun Guru besar politik UI, Prof Dr Maswadi Rauf MA justru mempertanyakan, indikator apa yang digunakan pemerintah sehingga bisa mengklaim bahwa program 100 hari SBY tersebut sukses hingga 99 persen.

‘’Kalau mengklaim silahkan saja, namun saya heran, apa indikatornya 100 hari dinilai sukses? Harusnya pemerintah lebih transparan lagi perihal indikator apa yang mereka gunakan
Apakah hanya target kerja selesai, atau bagaimana? Karena saya yakin, masyarakat juga mempertanyakan hal yang sama

BACA JUGA: Tak Rasional, Seluruh Honorer Dijadikan PNS

Sebagai masyarakat, saya menilai tidak ada perubahan signifikan yang terjadi,’’ kata Maswadi menjawab JPNN, Sabtu (6/2).

Mengklaim kesuksesan 100 hari tanpa diikuti transparansi indikator kesuksesan, kata Maswadi bukannya bisa menaikkan pamor SBY justru sebaliknya, bisa membuat citra SBY semakin rusak di masyarakat.’’Justru akan muncul sinisme ditengah masyarakat kalau komunikasi politik yang dilakukan pemerintah hanya bermain di angka-angka dan bukan realita,’’ katanya.

Perihal merusak citra, Maswadi juga mengatakan, bahwa beberapa kali sikap SBY  justru membuat masyarakat menilai SBY tidak tegas
Salah satunya, dengan seringnya SBY mengeluh dalam beberapa acara yang dihadirinya

BACA JUGA: Dibahas, Pengembalian Seleksi CPNS ke Pusat

Mulai curhat soal kasus century hingga persoalan demonstran yang dinilai anarkis dan tidak beretika dengan membawa kerbau saat menyuarakan pendapat.

‘’Selama 100 hari pemerintahannya, banyak persoalan yang terjadiNamun SBY hanya mengeluh disetiap pertemuan resmi negaraTidak ada action dan hanya mengeluh sajaBukannya menjelaskan indikator kesuksesan tapi yang ada justru SBY terus mengeluh dan mengeluhCitra SBY akan semakin buruk bila SBY terus demikianKalau memang ada yang salah dengan demonstran, kan gampang tinggal perintahkan polisi menahanItu lebih baik karena dinilai tegas daripada mengeluh saja,’’ tegas mantan Deputi Meneg PAN pada masa Presiden Megawati tersebut.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Ajak PMI Siap Kerja Mendadak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler