KLHK dan Perguruan Tinggi Bersinergi untuk Perhutanan Sosial

Rabu, 28 November 2018 – 18:00 WIB
Rekreasi Akademik wicara Perhutanan Sosial. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, BANDUNG - Sebagai upaya untuk menyampaikan hasil yang telah dicapai dalam mengembangkan Perhutanan Sosial, KLHK melakukan sinergi dengan perguruan tinggi yang dikemas dalam bentuk talkshow dengan mahasiswa se-Bandung Raya. 

Acara tersebut bertajuk Rekreasi Akademis : Wicara Hutan Sosial di Tahura Juanda ; Jaga Hutan, Rawat Peradaban, dan Raih Kesejahteraan yang dihadiri oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi UNPAD, STKS, IPDN, STIH ITB, STTD, UNIKOM dan siswa SMK Kehutanan. 

BACA JUGA: KLHK Perkuat SDM dan Sarana Prasarana Pencegahan Karhutla

Acara dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pada hari Rabu, 28 November 2018 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Bandung.  Narasumber dalam talkshow tersebut berasal dari KLHK, Perguruan Tinggi dan Perum Perhutani.  

Dalam sambutannya, Menteri LHK menyampaikan ajakan untuk menanam 25 pohon seumur hidup. 

BACA JUGA: KLHK Beri Nama untuk Bayi Lumba-lumba di Ancol

"Menaman 25 pohon seumur hidup tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan oksigen dalam atmosfir," ujar Menteri Siti.  Menteri Siti hari ini, 28 November bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Ditambahkan Siti Nurbaya bahwa pohon yang ditanam akan menghasilkan oksigen 1,2 kg per hari per pohon sedangkan manusia untuk bernapas membutuhkan 0,5 kg per hari. 

BACA JUGA: KLHK Pantau Perbaikan Kualitas Ciliwung

Melalui penanaman pohon akan dapat meningkatkan kandungan oksigen diudara.  25 pohon yang ditanam tersebut dilakukan pada saat SD, SMP, SMA, saat Pergururuan Tinggi dan saat menikah. 

"Melalui penanaman pohon tersebut maka kandungan oksigen di udara akan meningkat," imbuh Menteri Siti.

Acara Talkshow dipandu oleh Ronal Suryapraja dengan narasumber dari KHLK adalah Dirjen PSKL, Kepala BP2SDM, Sekretaris Ditjen PPKL, Dekan Fikom UNPAD, Ahli Hidrologi Chay Asdak, Guru Besar Kehutanan UGM dan Dirut Perum Perhutani. 

Acara talkshow berlangsung meriah dengan banyaknya pertanyaan dari mahasiswa dan pelajar seputar pengembangan Perhutanan Sosial, kendala dan capaiannya. 

Kepala BP2SDM, Helmi Basallamah menyampaikan bahwa peranan mahasiswa sangat penting untuk menjaga keberlangsungan Perhutanan Sosial.  Mahasiswa diharapkan menjadi pendamping bagi para petani serta diharapkan dengan sosialisasi ini maka mahasiswa pun suatu saat nanti dapat menjadi agen dalam menjaga keberlangsungan Perhutanan Sosial. 

Sebelumnya Dirjen PSKL, Bambang Supriyanto menyampaikan data-data  keberhasilan Perhutanan Sosial dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. 

Program Perhutanan Sosial telah dilaksanakan di 5.087 lokasi dengan jumlah kepala keluarga yang terlibat mencapai 500.000 atau setara dengan 2 juta orang, dengan asumsi tiap KK terdiri atas 4 orang.  

Melihat besarnya jumlah KK yang terlibat dalam Perhutanan Sosial, keberadaannya tidak hanya sampai dengan memberikan hak akses, tetapi perlu disertai dengan pendampingan dan pemberian modal. 

Pendampingan yang disampaikan oleh Bambang Supriyanto tersebut telah dilakukan melalui kerjasama dengan BUMN maupun pihak Perbankan. 

Salah satu BUMN yang konsen terhadap pengembangan Perhutanan Sosial adalah Perum Perhutani. 

Direktur Perhutani dalam talkshow tersebut menyampaikan bahwa Perhutani mengajak BUMN lain untuk dapat membantu kelompok tani Perhutanan Sosial untuk dapat mandiri, melalui pendampingan dan menjadi offtaker.  

Pengembangan Perhutanan Sosial melalui pemberian akses seperti yang disampaikan oleh Menteri LHK tidak hanya untuk kepentingan ekonomi masyarakat.  Perhutanan Sosial juga memiliki dimensi ekologi dan sosial. 

Chay Asdak dalam menyampaikan tanggapannya mengatakan bahwa Perhutanan Sosial yang dilakukan melalui penanaman pohon dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air hujan sehingga diharapkan dalam jangka panjang bila penanaman pohon dalam program Perhutanan Sosial tersebut terus dijalankan akan dapat mengurangi terjadinya erosi dan banjir.

Sebelumnya Dadang Rahmat, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, UNPAD menyampaikan bahwa kegiatan perhutanan sosial perlu disampaikan ke masyarakat melalui teknik komunikasi yang bisa mengubah persepsi masyarakat terhadap hutan. 

Selama ini pemberitaan tentang hutan menjadi ramai ketika berkaitan dengan adanya bencana alam. Sehingga persepsi masyarakat yang tercipta tentang hutan menjadi negatif. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan komunikasi yang dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap hutan menjadi positif, karena kegiatan dan program-program lingkungan hidup dan kehutanan banyak yang memberikan manfaat besar pada masyarakat, salah satunya adalah Perhutanan Sosial ini.

Di akhir acara talkshow, Menteri LHK menyampaikan bahwa model rekreasi akademik kali ini diharapkan dapat menjadi model dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa-apa saja yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam mengembangkan Perhutanan Sosial. 

Diharapkan acara seperti ini dapat dilakukan ditempat lain dengan melibatkan mahasiswa.

Hadir pada acara tersebut pejabat Eselon I,  Eselon II dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Kementerian LHK di Jawa Barat.

Selain dialog dengan mahasiswa, KLHK juga menggelar pameran foto hasil perhutanan sosial di berbagai wilayah, produk-produk hasil perhutanan sosial serta lomba foto instagram bagi mahasiswa.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Satu Ekor Badak Sumatera Berhasil Diselamatkan di Kalimantan


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler