KM Sahabat Tenggelam, 130 Penumpang Selamat

Selasa, 21 Januari 2014 – 23:41 WIB
Kapal tenggelam. Ilustrasi/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Cuaca ekstrim kembali Musibah pelayaran kembali terjadi. Kali ini menimpa KM Sahabat yang tenggelam, Selasa (21/1), sekitar pukul 12.10, di posisi kurang lebih 22 mil dari breakwater Tanjung Priok, tepatnya pada koordinat 05° 45' 07" S / 107° 02' 05"BT.

Sebanyak 130 penumpang berhasil diselamatkan. "(Sebanyak) 130 orang diselamatkan Avignam Jagad Samagram Basarnas melalui Kepala Kantor SAR Pangkalpinang (yang) menerima laporan dari SROP (Stasiun Radio Pantai) Tanjungpandan," kata Kabag Humas Basarnas Moch. Hernanto dalam keterangan yang diterima wartawan, Selasa (21/1).

BACA JUGA: Gugatan Yusril Membuat Sistem Politik Makin Runyam

Ia menjelaskan informasi diterima pemilik kapal puku 18.37, waktu setempat. Menurutnya, 130 jiwa dapat dievakuasi tugboat (TB) Sentosa dan Supply Vessel (SV) Gagak. "Sementara Tb. Sejahtera sedang menuju lokasi," katanya.

Dia menambahkan menurut keterangan Syahbandar Tanjungpriok, jumlah penumpang 130 orang sesuai dengan manifes. "Dimana 20 orang diantaranya kru kapal," katanya.

BACA JUGA: 69 Nyawa Melayang Tiap Hari di Jalanan

Dikatakan Hernanto, diperkirakan pukul 01.00 TB Sentosa dan SV Gagak akan bersandar di Pelabuhan  Tanjung Priok.

"Kemungkinan upaya pencarian dan pertolongan berikutnya menunggu laporan atas kehilangan korban dari masyarakat," bebernya.

BACA JUGA: Kemendagri Prioritaskan Pemekaran Empat Daerah

Lebih jauh dia mengatakan Rescue Boat KN-224 Basarnas dan Syahbandar akan memetakan itu setelah mendapatkan info dari kedua kapal yang akan sandar malam ini. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diperiksa KPK, Panitera MK Hanya Serahkan Berkas Pilkada Jayapura


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler