KMP Yunicee Tenggelam Sekitar 1,65 Mil dari Pelabuhan Gilimanuk

Kamis, 01 Juli 2021 – 22:39 WIB
Saat Danlanal Denpasar (tengah) Danlanal Banyuwangi (kiri) dan Komandan KRI Rigel-933 (kanan) menunjukkan penemuan jaket keselamatan dari KMP Yunicee di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (1/7/2021). (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

jpnn.com, DENPASAR - Lokasi tenggelamnya KMP Yunicee diketahui setelah dilakukan operasi pencarian dengan menggunakan KRI Rigel-933 dan sejumlah KRI lainnya.

"Dalam pelaksanaan SAR dengan KRI Rigel-933 di hari ketiga ini, TNI AL menemukan beberapa barang dan lokasi titik di dasar laut dari KMP Yunicee pasca-tenggelam di Perairan Selat Bali."

BACA JUGA: Banyak juga Kelompok Sukarelawan Pendukung Ganjar Maju Pilpres 2024

"Pencarian ini merupakan tugas dalam pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP)," ujar Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Kamis (1/7).

Dia mengatakan bahwa posisi KMP Yunicee telah ditemukan pada hari Kamis (1/7) pukul 01.30 WIB.

BACA JUGA: Buruan Daftar, Ada 930 Formasi CASN Untuk Pemkot Yogyakarta

Ditemukan oleh KRI Rigel-933 berada di kedalaman 72 sampai 78 meter, dengan jarak kurang lebih 362 meter dari daratan terdekat dan kurang lebih 1,65 mil dari pelabuhan Gilimanuk.

KRI Rigel-933 diketahui dapat mendeteksi bawah air tiga dimensi.

BACA JUGA: Ingin Daftar CASN Pemkab Bekasi? Coba Lewat Aplikasi ini

Diperoleh beberapa gambar hasil side scan sonar sehingga tampilan yang diberikan untuk mencari KMP Yunicee bisa terlaksana dengan mendapatkan data kedalaman, posisi dan keadaan kapal saat ini.

TNI juga menurunkan tiga KRI yaitu KRI Rigel-933, KRI Soputan-923, KRI Singa-651 dengan posisi seluruh KRI berada di perairan selatan selat Bali.

"Posko pencarian dibagi menjadi dua tempat yaitu posko di Pelabuhan Gilimanuk Bali dan posko di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi."

"Kami meminta dukungan dari pihak masyarakat khususnya di Bali untuk menginformasikan kepada kami, jika menemukan atau melihat sesuatu yang mungkin bagian material atau korban dari ABK KMP Yunicee," katanya.

Berdasarkan hasil validasi data bersama Basarnas, Operator Kapal, ASDP, Polairud, Polres Jembrana, TNI AL dan BPTD, diperoleh jumlah POB yang berada di KMP Yunicee sebanyak 76 orang.

Dengan perincian, 51 orang selamat dan telah dievakuasi, meninggal dunia tujuh orang dan masih dalam pencarian 18 orang.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee mengalami kecelakaan laut pada Selasa (29/6) sekitar Pukul 19.12 WITA.

KMP Yunicee merupakan kapal penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, mengalami musibah tenggelam di perairan Selat Bali.

Saat pelayaran kapal tersebut dihantam ombak dikarenakan angin kencang.

Kapal terbawa arus hingga ke Selatan Pelabuhan Gilimanuk yang mengakibatkan kapal mengalami kemiringan, terbalik dan tenggelam.(Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler