KNKT Ogah Membuka Penyebab Bus TransJakarta Sering Kecelakaan

Rabu, 22 Desember 2021 – 23:47 WIB
Konferensi pers evaluasi aspek keselamatan terkait rentetan kecelakaan bus TransJakarta di kantoe PT TransJakarta, Jakarta Timur, Rabu (22/12). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tidak bisa membeberkan penyebab bus TransJakarta kerap mengalami kecelakaan.

KNKT selama sepekan telah melakukan pengamatan terkait rentetan kecelakaan bus TransJakarta.

BACA JUGA: Ditanya Soal Direksi TransJakarta Menonton Tari Perut, Dirut Yana: Enggak, Terima Kasih

Pelaksana tugas Ketua Sub Komite LLAJ KNKT Ahmad Wildan mengatakan hal itu tidak bisa disampaikan pihaknya kepada publik karena bersifat internal.

"Kami sebenarnya punya data, tetapi itu kan, enggak akan kami publish," kata Wildan di kantor PT TransJakarta, Jakarta Timur, Rabu (22/12).

BACA JUGA: Soal Direksi TransJakarta dan Tari Perut, Ferdinand Sentil Anies Baswedan

KNKT memastikan TransJakarta siap melaksanakan rekomendasi dari pihaknya yang bertujuan mencegah kecelakaan.

"Banyak, banyak (penyebab kecelakaan). Itu, kan, urusan kami internal dengan TransJakarta dan mereka sudah siap (menjalankan rekomendasi)," ujar Wildan.

BACA JUGA: Soal Direksi TransJakarta Menonton Tari Perut, Serikat Pekerja Merespons, Simak

Sebelumnya, bus TransJakarta sudah mengalami empat kali kecelakaan dalam waktu yang berdekatan.

Pada Kamis (2/12) pukul 12.55 WIB, bus yang beroperasi di Koridor 5, yakni relasi PGC-Harmoni, menabrak Pos Polisi hingga hancur di kawasan PGC Cililitan, Jakarta Timur.

Sementara, pada Jumat (3/12) ini bus yang beroperasi di Koridor 1 relasi Blok M-Kota menabrak separator di sekitar Halte Bundaran Senayan arah Kota pada pukul 11.40 WIB.

Bus TransJakarta juga mengalami kecelakaan tunggal di dekat Halte Busway Puri Beta, Larangan, Kota Tangerang, Senin (6/12) pagi.

Terbaru, seorang pejalan kaki tewas tertabrak bus TransJakarta di Jalan Raya Margasatwa Raya, Jakarta Selatan, Senin (6/12) malam. (cr1/jpnn)


Redaktur : Adil
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler