Koalisi Gerindra-PKB Bakal Buat Piagam Deklarasi, Isinya seperti Ini

Kamis, 04 Agustus 2022 – 19:47 WIB
Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar seusai bertemu di kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Foto: dok. DPP PKB

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid atau Gus Jazil menyebut kerja sama parpolnya dengan Gerindra bakal menghasilkan Piagam Deklarasi Koalisi.

Piagam tersebut satu di antaranya berisi kesepakatan bahwa PKB-Gerindra akan mengusung kader internal sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024.

BACA JUGA: Elite Gerindra-PKB Kembali Bertemu, Nih Agendanya, Pakai Kata Piagam

"Setidaknya piagam deklarasi itu menyepakati presiden dan wakil presiden dari kader partai masing-masing," kata Gus Jazil ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/8).

Hanya saja wakil ketua MPR RI itu menyebut nama yang muncul sebagai capres-cawapres di dalam Piagam Deklarasi Koalisi belum disepakati.

BACA JUGA: Bharada E Tersangka, Reza Beber Analisis Matematika Kejahatan Terencana

Namun demikian, anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan Gerindra dan PKB memiliki kader unggulan yang bisa diusung sebagai capres atau cawapres.

"Kader partai terbaik di Gerindra itu Pak Prabowo, kader partai terbaik di PKB Gus Muhaimin," ujar Gus Jazil.

BACA JUGA: Konon, Mahfud MD Dapat Bukti dari Pihak Brigadir J, Lalu Geleng-geleng Kepala

Saat disinggung bakal masuknya partai lain ke koalisi yang dibangun PKB dengan Gerindra, Gus Jazil tidak menutup peluang. Terlebih, paket capres-cawapres belum ditentukan dari kerja sama politik dua parpol.

"Diskusinya bukan hanya sekadar pasangan presiden dan wakil presiden saja, tetapi ini soal kepentingan bersama untuk rakyat sekaligus memenangkan pemilu," ujar Jazilul.

Sebelumnya, elite PKB dan Gerindra melakukan pertemuan yang membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang akan diresmikan dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah, kami kembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang memuat visi, misi, dan latar belakang kenapa kami harus bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024," kata Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (26/7).

Menurut Huda, piagam itu penting lantaran kerja sama PKB dan dengan parpol pimpinan Prabowo tidak ingin dianggap pragmatisme politik.

Selain itu, Piagam Deklarasi Koalisi tersebut bisa dipakai menjadi pondasi kerja sama antara Gerindra dan PKB.

BACA JUGA: Bharada E Buka Mulut soal Irjen Ferdy Sambo, Muncul Nama Brigadir Daden

"Piagam deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari," ungkap Huda. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler