Kolaborasi Kemenpora dan BKKBN Siapkan Pemimpin Muda Berdaya di Serambi Makkah

Kamis, 15 Agustus 2024 – 21:40 WIB
Acara Kemenpora berkolaborasi dengan BKKBN menggelar penyuluhan di Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (15/8/2024). Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kemenpora berkolaborasi dengan BKKBN menggelar penyuluhan di Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (15/8/2024).

Dalam kunjungannya, Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Kemenpora Andi Susanto mengungkapkan bahwa kegiatan bertajuk Keluarga Muda Berdaya X Siap Nikah "Goes To Campus tersebut dilakukan untuk mempersiapkan dan memotivasi kepemimpinan bagi pemuda.

BACA JUGA: Soal Bonus Atlet Olimpiade Paris 2024, Begini Respons Kemenpora

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud koordinasi lintas sektor kolaborasi dan sinergi antar kementerian dan lembaga. Dalam hal ini tentang kepemimpinan keluarga yang berencana dan berdaya," ujar Andi.

Program kolaboratif antara Kemenpora dan BKKBN dilaksanakan berdasarkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pelayanan Kepemudaan seperti yang tertuang dalam Perpres 43 Tahun 2022.

BACA JUGA: OKP Apresiasi Program Kepemimpinan Pemuda Kemenpora

"Perpres ini mendorong adanya koordinasi strategis lintas stakeholder penyelenggaraan pelayanan kepemudaan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan kepemudaan, sinkronisasi dan harmonisasi."

"Juga kegiatan kepemudaan, serta kajian penyelenggaraan pelayanan kepemudaan,” ungkap Andi.

BACA JUGA: Kepala BKKBN: Kehamilan Usia Remaja Faktor Risiko Tinggi Kematian Ibu

Acara penyuluhan yang dilakukan di Serambi Makkah menjadi yang kedua setelah sebelumnya digelar di Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jawa Tengah.

Rektor UTU, Prof. Dr. Ir. Ishak. M.Si memberikan dukungan acara tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora dan BKKBN. 

Menurutnya kegiatan pelatihan mempersiapkan kepemimpinan bagi pemuda ini senada dengan tujuan dari pendidikan yang dilaksanakan UTU, yakni menjadikan mahasiswa untuk dapat mengambil bagian menjadi pemimpin di masa depan.

"Kami memiliki tekad membangun Indonesia dari barat, karenanya kami pastikan anak muda, mahasiswa UTU mendapatkan pendidikan yang bermutu, memiliki attitude dan karakter yang mulia" ujar pria kelahiran 22 Juni 1964 itu.

Kemenpora memiliki program Keluarga Muda Berdaya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kepemimpinan pemuda. 

Adapun BKKBN mengedukasi remaja dan pemuda untuk mempersiapkan diri memasuki dunia pernikahan melalui program “Siap Nikah”.

Kolaborasi antara Kemenpora dan BKKBN diharapkan mampu mencapai tujuan program dua institusi antara lain meningkatkan kualitas kepemimpinan pemuda melalui penguatan literasi kesehatan reproduksi, psikologi pernikahan, legalitas (hukum) keluarga, perencanaan keuangan, dan mengarungi masa pernikahan.

Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan pemuda menjadi pemimpin dari lingkungan terkecil, yakni di keluarga menjadi baik, wawasan pemuda menjadi luas dan kuat, jiwa enterpreneurnya tumbuh. 

Turut hadir dalam acara penyuluhan ada Plt. Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh Syarifah Irma Henni. 

Narasumber dalam pelatihan juga ada yakni, Randa Sandhita, yang merupakan Youth Focal Point at UNDP Indonesia.

Juga turut hadir Edi Setiawan selaku Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar, Alamsyah dan Ricky Radius Siregar selak dan Asisten Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenko PMK.(kemenpora/mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler