Kolor Ijo-Kuyang Itu Suami Istri? Ah...Hanya Bayangan

Jumat, 13 Januari 2017 – 00:07 WIB
Ratusan warga Balangan, berhamburan ke jalanan setelah mendengar makhluk jadi-jadian masuk dalam salah satu rumah warga, beberapa hari lalu. Foto: WAHYUDI/RADAR BANJARMASIN/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sudah beberapa pekan ini warga Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, digemparkan dengan isu adanya Kuyang. Tapi, hingga kini si makhluk aneh dan misterius itu belum bisa ditangkap. Benarkah ada Kuyang di Balangan?

WAHYUDI, Balangan

BACA JUGA: Sumpah, Hantu Pemangsa Bayi Itu Memang Ada

Semakin hari orang-orang semakin meragukan kebenaran adanya makhluk jadi-jadian yang katanya meneror warga Kecamatan Awayan, Balangan.

Pasalnya, sepekan sudah masyarakat Awayan berjaga setiap malam untuk berburu makhluk ini, namun tak pernah membuahkan hasil. Padahal ratusan orang yang berpartisipasi.

BACA JUGA: Warga Bersumpah Lihat Hantu Kuyang di Sini, Histeris

Menanggapi isu yang merebak ini, Ketua MUI Balangan KH Ahmad Yusuf menegaskan ia tidak percaya dengan adanya makhluk jadi-jadian yang meneror warga.

Terlebih kata dia, keterangan setiap orang yang mengaku pernah melihat langsung terkait wujud dari makhluk ini pun berbeda-beda. Bahkan lebih banyak yang mengatakan hanya melihat makhluk itu berupa bayangan.

BACA JUGA: Geger Bayi Dimangsa Hantu Kuyang, MUI Bilang Begini

Selain itu lanjutnya, tidak ada bukti nyata adanya korban jiwa dari ulah makhluk jadi-jadian ini, maupun warga yang kehilangan harta benda.

“Saya 99,9 persen tidak percaya dengan kebenaran kabar makhluk jadi-jadian ini. Saya rasa ini hanya pengalihan isu yang dibuat oleh oknum, kita serahkan saja penyelidikannya kepada polisi,” imbuhnya.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat agar tidak larut dalam ketakutan, lebih baik memperbanyak ibadah dan menghidupkan kembali budaya mengaji di rumah-rumah serta salat berjamaah di masjid dan musala.

Pernyataan dari Ketua MUI Balangan itu diperkuat oleh paparan seorang warga, Fahrul, mantan Kades Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi.

Dikatakannya, kehebohan ini mulanya berasal dari desanya yang geger lantaran ada warga yang seakan melihat makhluk bayangan hitam sekitar sebulan yang lalu. Kemudian bermunculan lah berbagai kabar dan persepsi di masyarakat yang mengatakan itu Kuyang.

"Dari sana warga sudah mulai geger dan ketakutan. Penasaran, saya sendiri menanyakan langsung kabar itu kepada anak-anak perempuan dan warga yang merasa melihat, semuanya tidak ada yang jelas. Hanya melihat bayangan katanya," ujar Fahrul.

Lalu, kehebohan meluas seiring melebarnya pembicaraan dari mulut ke mulut warga hingga sampai ke Awayan yang berbatasan langsung dengan Tebing Tinggi.

Bermunculan lah berbagai persepsi dari masyarakat yang mengatakan makhluk itu adalah Kolor Ijo. Sampai pada kesimpulan yang cukup aneh yang menyatakan bahwa Kuyang dan Kolor Ijo itu adalah jelmaan suami istri yang mendalami ilmu pesugihan.

Kapolsek Awayan IPDA Agus juga turut menegaskan bahwa hingga sekarang memang tidak ada laporan warga yang kehilangan harta benda maupun korban jiwa akibat makhluk ini.

Menurutnya, makhluk yang dilihat warga berasal dari sugesti dan ketakutan yang sudah terlanjur membuncah, sehingga melihat benda bergerak sedikit saja seperti hantu.

“Mendengar suara aneh sedikit langsung parno. Mungkin saja kan itu suara tikus, kucing atau anjing yang mengenakan gelang kaki sehingga berbunyi gerincing-gerincing. Sebaiknya sekarang kembali ke aktivitas semula dan jangan hiraukan lagi kabar ini, angggap tidak ada apa-apa saja,” tukasnya. (why/by/ran)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Heboh Hantu Pemangsa Bayi, Tetangga Punya Tatapan Aneh


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler