Komisi Hukum Siap Sambut Sutarman

Jumat, 27 September 2013 – 17:50 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membawahi bidang hukum menyambut baik nama Kabareskrim Komjen Pol Sutarman yang diusulkan sebagai calon tunggal Kapolri. Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy menegaskan bahwa nantinya akan segera memeroses pencalonan itu sesuai mekanisme peraturan yang berlaku.

"Sebagai mitra kerja Polri kita di Komisi III siap melanjutkan proses pencalonan nama tersebut sebagaimana mestinya," kata Aboebakar menjawab JPNN, Jumat (27/9).

BACA JUGA: Anggota Komisi III Tolak Pembebasan Bersyarat Corby

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mengatakan pengiriman nama tersebut akan mengakhiri berbagai spekulasi mengenai calon Kapolri mendatang.

"Kalau calon yang dikirim cuma satu, saya rasa dalam waktu dekat kita akan mendapatkan Kapolri yang baru," tambahnya.

BACA JUGA: Tak Efektif Kelola Dana, Masyarakat Papua Tetap Menderita

Menurutnya, Sutarman sudah memiliki rekam jejak yang mumpuni, terlebih dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri.

"Pak Tarman (Sutarman) diusulkan Kapolri, diusulkan Kompolnas dan disetujui presiden, jadi semua sepertinya sudah cocok dengan beliau," kata dia.

BACA JUGA: Nazar: Olly Terima Dana Miliaran Rupiah

Dia menilai selama kepemimpinan Sutarman, penanganan kasus korupsi di Bareskrim telah melampaui target di tahun ini.

"Seharusnya di tahun 2013 mereka yang hanya memilili anggaran untuk 24 kasus, namun mereka sudah menyelesaikan 34 kasus sampai bulan ini," katanya.

Pun demikian, soal tersangka kasus dugaan  tindak pidana pencucian uang, illegal logging, dan penimbunan bahan bakar minyak Ajun Inspektur Satu Labora Sitorus. "Setidaknya kasus Labora tidak berhenti," tegasnya.

Lebih jauh Aboebakar berharap Kapolri baru nanti akan memiliki waktu yang cukup untuk mendesain pengamanan pemilihan umum. "Karena ini pekerjaan yang berat," tuntasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ruhut Ditentang, Marzuki Meradang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler