Komisi II DPR Mulai Memproses 18 Nama Komisioner Ombudsman

Kamis, 21 Januari 2021 – 16:27 WIB
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memulai proses pemilihan komisioner Ombudsman Republik Indonesia periode 2021-2026. 

Saat ini ada 18 nama calon komisioner Ombudsman yang akan diproses sesuai mekanisme yang berlaku di DPR. 

BACA JUGA: Pasangan Sejoli Lagi Bermesraan, Pintu Kamar Hotel Digedor, Ups! Ada yang Pakai Sarung

Adapun 18 nama calon komisioner Ombudsman itu adalah Andri Gunawan Sumianto, Bobbby Hamzah Rafinus, Dadan Suparjo Suharmawijaya, Hani Hasjim, Heru Setiawan. 

Kemudian, Hery Susanto, Indraza Marzuki Rais, James Modouw, Jemsly Hutabarat, Johanes Widyantoro, Mokh Najih, Muhammad Joni Julianto, Noorhalis Madjid. 

BACA JUGA: Catatan Ombudsman tentang Pelaksanaan PJJ di Masa Pandemi COVID-19

Berikutnya, Ratminto, Robertus Na Endi Jaweng, Robi Arya Brata, Ucu dan Yeka Hendra Fatika. 

"Kami sudah melakukan rapat internal dan menyusun agenda terhadap waktu fit and proper test dari 19 calon anggota Ombudsman RI," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, Kamis (21/1). 

BACA JUGA: Supernekat! Maling Ini Sengaja Masuk ke Asrama Polisi, Ya Sudah..

Doli menjelaskan Presiden Jokowi pada 2 Desember 2020 mengirimkan surat dan menyerahkan 18 nama calon anggota Ombudsman RI kepada DPR. 

Sebanyak 18 nama itu sebelumnya sudah lulus seleksi oleh panitia seleksi (pansel) yang dibentuk pemerintah. 

Menurutnya, Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 19 Januari 2021 memutuskan menyerahkan pelaksanaan fit and proper test calon komisioner Ombudsman RI kepada Komisi II DPR. 

Doli menjelaskan mulai hari ini sampai Senin (25/1) pekan depan komisinya akan menunggu dan menerima masukan dari masyarakat terkait nama-nama tersebut.

Menurutnya, secara khusus pada Senin (25/1), Komisi II DPR akan mengundang Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan pemerhati pelayanan publik untuk didengar masukan dan pandangannya terhadap 18 nama tersebut. 

Sementara itu, fit and proper test diagendakan pada Selasa 26 Januari dan Rabu 27 Januari 2021.

"Selama dua hari kami akan melakukan fit and proper test terhadap 18 nama ini," ungkap politikus Partai Golkar itu. 

Komisi II DPR pada 28 Januari akan menggelar rapat internal untuk memutuskan mekanisme penetapan pemilihan 18 menjadi 9 nama komisioner Ombudsman RI. 

"Insyaallah mudah-mudahan kalau di Kamis 28 Januari 2021 itu kami bisa sepakati, mungkin 29 Januari atau hari Senin berikutnya sudah bisa menetapkan 9 nama anggota Ombudsman RI yang baru untuk periode 2021-2026," kata dia. (boy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler