Komisioner KND Dorong Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Lumajang

Senin, 13 Desember 2021 – 20:09 WIB
Komisioner KND Kikin Tarigan (kanan) dan Eka Prastama Widyanta menyerahkan bantuan dari Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO) di Posko pengungsian bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Foto: Dok. KND

jpnn.com, JAKARTA - Perwakilan Komisi Nasional Disabilitas atau KND Kikin Tarigan dan Eka Prastama Widyanta menyambangi Lumajang untuk memantau dan memastikan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas yang terdampak erupsi Gunung Semeru di posko pengungsian.

Kedua anggota KND tersebut telah berada di Lumajang sejak Senin (6/12/2021).

BACA JUGA: Pemkot Depok Tolong Perhatikan Pendidikan Penyandang Disabilitas

Anggota KND juga menyampaikan amanah bantuan dari Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO). Bantuan tersebut diserahkan di Posko Lapangan Penanggal.

“Kami bermaksud untuk memantau bagaimana penanganan penyandang Disabilitas yang terdampak bencana, menampung aspirasi, dan menyampaikan amanah bantuan untuk korban bencana,” ujar Kikin Tarigan dalam siaran pers pada Senin (13/12).

BACA JUGA: Kemensos Dampingi Penyandang Disabilitas Korban Kekerasan Seksual di Sanggau

Menurut Kikin Tarigan, agenda tersebut merupakan agenda perdana Komisi Nasional Disabilitas setelah dilantik oleh Presiden Jokowi.

“Kami baru dilantik dan langsung ke Lumajang. Ini adalah tugas perdana kami untuk bantu turun ke daerah,” ujar Kikin Tarigan.

BACA JUGA: Oknum TNI AU Menginjak Kepala Warga Papua, Kikin Tarigan: Negara Lamban Berpihak Kepada Penyandang Disabilitas

Selain Komisi Nasional Disabilitas (KND) hadir pula para pemerhati disabilitas untuk memberikan dukungan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Para atlet dan sahabat-sahabat disabilitas ini disambut gembira oleh kaum disabilitas Lumajang. Mereka merasa dukungan dari kaum disabilitas ini sebagai penyemangat sahabat disabilitas yang ada di daerah terutama yang di Lumajang,” ujar Kikin.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Lumajang Ali Muslimin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan solidaritas yang diberikan oleh para disabilitas kepada warga terdampak khsususnya para disabilitas di Lumajang.

“Terima kasih atas bantuannya. Semoga dapat memupuk rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama,” ujar Ali Muslimin.

Hadi Wasito, sahabat penyandang disabiltas Lumajang berharap masyarakat menghapus stigma yang keliru terhadap kaum disabilitas.

“Keluarga besar organisas NPCI (National Paralympic Commite Indonesia) berpartisipasi membawa bantuan satu truk logistic dan disalurkan di posko relawan Sumberwuluh," kata Hadi Wasito.

Selanjutnya, Ketua NPCI Jawa Timur Kuncoro mengapresiasi gerakan solidaritas yang dimotori oleh para penyandang disabilitas untuk saling menguatkan terhadap para warga terdampak erupsi.

"Meski dalam keterbatasan fisik, namun tidak menyurutkan semangat untuk meringankan beban sesame," ucapnya.

Kuncoro juga mengingatkan agar ke depan tidak ada lagi stigma negatif yang menganggap kaum disabilitas sebagai kaum lemah atau beban bagi orang lain.

“Banyak yang menganggap kaum disabilitas sebagai beban. Stigma ini tidak benar. Sebab meski dengan keterbatasannya namun kaum disabilitas bisa mengukir prestasi, berkarya dan bermanfaat untuk orang lain," ujar Kuncoro.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler