Komnas HAM Minta Polri Transparan soal Kasus Baku Tembak di Rumah Irjen Ferdy

Jumat, 15 Juli 2022 – 01:00 WIB
Anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara. Foto: Fathan Sinaga /JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komnas HAM meminta Polri mengedepankan transparansi dalam mengungkap kasus baku tembak antaranggota polisi di rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

"Tentu saja insiden ini harus diungkap secara transparan dan memberi keadilan untuk semuanya," kata anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di Jakarta, Kamis (14/7).

BACA JUGA: Rocky Gerung Ungkap 2 Fakta Baku Tembak di Rumah Irjen Sambo, Ada yang Sensasional

Pengungkapan dan penyelesaian insiden mematikan itu, menurut Beka, akan memengaruhi kinerja institusi Polri dan masyarakat.

Beka menilai kasus yang melibatkan anggota Ferdy itu berdampak pada masyarakat. Polri juga harus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa kejadian serupa tidak berulang.

BACA JUGA: Pria Cepak di Dekat Rumah Ferdy Sambo Merampas HP Wartawan dan Lakukan Ini

Di sisi lain, Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan 2020-2022 itu menyatakan pihaknya tidak bergabung dalam tim khusus yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu semata-mata demi menjaga independensi.

BACA JUGA: Respons Mabes Polri soal OTK Cepak & Tegap di Dekat Rumah Irjen Ferdy Sambo

Dalam mengusut insiden adu tembak itu, Komnas HAM bekerja mandiri sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) dan mekanisme yang ada di internal.

Dia menegaskan Komnas HAM berfungsi sebagai lembaga pengawas internal kepolisian. Namun, Komnas HAM berpijak pada Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia yang mengharuskan lembaga bekerja secara mandiri.

Anggota Komnas HAM ini mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan Polri mengawasi penuntasan kasus hingga melahirkan rekomendasi untuk pihak kepolisian.

"Kami berusaha menjawab publik secepatnya," katanya. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria Berambut Cepak Menghapus Rekaman Wawancara Wartawan di Sekitar Rumah Ferdy Sambo


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler