Komplotan Pencuri Belasan Karung Material Emas Itu Ditangkap, Ternyata Ini Pelakunya

Selasa, 14 Desember 2021 – 07:10 WIB
Tim Satuan Tugas Khusus Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama Resmob Polres Minahasa Selatan meringkus kawanan pencuri material emas yang terjadi di PT Sumber Energi Jaya (SEJ) Tokin Karimbow. ANTARA/HO/Humas Polda Sulut

jpnn.com, MANADO - Tim Satuan Tugas Khusus Maleo Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama Resmob Polres Minahasa Selatan menangkap komplotan pencuri belasan karung material emas milik PT Sumber Energi Jaya (SEJ) Tokin Karimbow.

Komplotan pencuri material emas itu masing-masing berinisial RI (23), EP (33), SW (55), FM (39), YS (40), CR (26) dan WS (34).

BACA JUGA: Saat Polisi Mengejar Komplotan Pencuri, Mobil Ini Terguling, Lihat!

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast mengatakan para pelaku sudah diserahkan ke Polres Minahasa Selatan (Minsel) untuk menjalani proses hukum.

"Polisi mengamankan sebanyak 7 orang dari 14 orang yang diduga melakukan pencurian material emas," kata Kombes Abast, di Manado, Senin (13/12).

BACA JUGA: Tahanan Bernama Arkin Anabira Tewas di Sel Kantor Polisi, Apa yang Terjadi?

Peristiwa pencurian material emas itu terjadi pada Jumat (10/12) sekitar pukul 02.30 WITA.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menangkap komplotan pencuri tersebut pada Minggu (12/12), sekitar pukul 19.00 WITA, di sejumlah lokasi di Desa Tobongon, Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

BACA JUGA: Detik-Detik Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Depan Rumah Ketua RT

“Perusahaan ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp 2 miliar," kata Abast.

Pencurian itu diketahui setelah karyawan PT SEJ curiga melihat sudah ada lumpur yang keluar dari tempat pengolahan ampas terjaring di jalur bak.

Melihat kejanggalan itu, saksi membuka tempat lumpur tersebut dan ternyata lumpur di tempat tersebut sudah berkurang.

Karyawan perusahaan itu lantas masuk ke dalam gedung dan melihat ada campuran karbon untuk menangkap material emas sudah berantakan.

Kemudian, alat percetakan emas juga sudah tidak berada pada tempatnya.

Menurut Kombes Abast, anggota komplotan pencuri itu mengaku sudah dua kali melakukan aksi pencurian material emas di perusahaan itu. Yang pertama, mereka mencuri sebanyak tiga karung.

"Pencurian kedua berhasil diamankan sebanyak 14 karung material mengandung emas dan perak yang belum sempat diolah,” beber Abast. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler