Komunitas VES Jayapura Bagikan Masker, Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Sabtu, 31 Oktober 2020 – 19:13 WIB
Ilustrasi, warga menggunakan masker. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - Pencinta otomotif jenis Jeep Komunitas Vitara, Escudo, dan Sidekick (VES) Jayapura ikut aktif membantu pemerintah menyosialisasikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

VES memberikan sosialisasi protokol kesehatan kepada pedagang dan masyarakat umum.

BACA JUGA: Bicara di Seminar PERSI, Pak Doni Monardo Semangati Dokter & Nakes Pejuang Covid-19

Ketua Umum Komunitas VES Jayapura Darwin Rumbiak mengemukakan sejak komunitas ini berdiri, pihaknya gencar melakukan kegiatan-kegiatan bakti sosial untuk membantu pemerintah di tengah pandemi COVID-19.

"Hal pertama yang kami lakukan adalah bersama Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan sosialisasi kepada saudara-saudara yang pada saat itu banyak terpapar COVID-19 di wilayah Pasar Abe," katanya, di Jayapura, Sabtu.

BACA JUGA: Harapan Pak Doni kepada Mahasiswa Peserta KKN Tematik Covid-19

BACA JUGA: Pak Doni Tak Lelah Mengingatkan Masyarakat untuk Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

Pihaknya terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada para pedagang di pasar, yang artinya mereka boleh berjualan, tetapi harus menggunakan masker dan rajin mencuci tangan, setelah beraktivitas.

"Jadi, kami menyosialisasikan cara menerapkan protokol kesehatan waktu pergi dan setelah pulang, maupun beraktivitas harus menggunakan masker, juga demikian dengan warga yang ke pasar," ujarnya.

Sosialisasi bukan hanya disampaikan kepada para pedagang, tetapi juga kepada masyarakat yang datang ke pasar untuk berbelanja.

Selain melakukan sosialisasi, VES Jayapura Community juga membagi-bagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

"Pembagian masker ini diprakarsai langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Waktu itu aktivitas kami menuju Pasar Tradisional Yotefa Abepura, dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame," katanya.

Ia mengatakan jumlah armada yang waktu itu pergi sekitar 30-an unit.

Setelah melakukan sosialisasi, dilanjutkan dengan bakti sosial yakni mengantar bantuan kepada korban yang mengalami kebakaran di Dok IX Jayapura.

Pihaknya juga menyosialisasikan protokol kesehatan tentang bagaimana menggunakan masker dan mencuci tangan secara benar.

"Komunitas VES hadir bukan hanya hobi tetapi membantu pemerintah sekaligus memberikan kegiatan-kegiatan positif sekaligus membina anak muda untuk tidak asal ugal-ugalan tetapi bagaimana bisa tertib lalu lintas,"ujarnya. (ant/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler