Konflik Hanura, Menkumham Jangan Terjebak Kelompok Ambhara

Sabtu, 20 Januari 2018 – 09:58 WIB
Ketua DPP Bidang Keanggotaan DPP Partai Hanura, Adrianus Garu. Foto: Dok. Hanura

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly diminta untuk tidak terjebak dalam pola permainan Kelompok Ambhara. Sebab MenkumHam sebelumnya telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan untuk Hanura kubu Oesman Sapta Odang (OSO).

“Kami yang telah mendapatkan SK resmi dari MenkumHam minta kepada MenkumHam pak Yasonna untuk tidak terjebak oleh apa yang disampaikan oleh kelompok Ambhara (merujuk nama Hotel tempat kelompok Sudding Cs, red),” kata Ketua DPP Bidang Keanggotaan Partai Hanura, Adrianus Garu di Jakarta, Sabtu (20/1/2018).

BACA JUGA: Kubu OSO: Kami Sudah Pegang SK, Pihak Sana Baru Usulkan

Untuk diketahui, istilah Ambhara merujuk nama hotel di kawasan Blok M, tempat kegiatan Kelompok yang Kontra Ketum Hanura Oesman Sapta Odang.

BACA JUGA: Suara Kader Hanura: Hanya Maut yang Pisahkan Kami dengan Oso

Ketua Bidang Keanggotaan DPP Partai Hanura Andre Garu

Menurut Senator asal NTT ini, Menkumham perlu memegang teguh pada suatu kebenaran sesuai dengan dokumen-dokumen dan prosedur yang berlaku dalam Partai Hanura.

BACA JUGA: Hanura Kubu Oso Imbau Daryatmo Cs Kembali ke Jalan Benar

"Yang paling penting pak Menteri Hukum dan Ham ambil jalan yang benar sesuai dengan dokumen-dokumen partai yang benar terutama dokumen dan prosedur Munaslub,” ujar Andre.

Lebih lanjut, Andre menjelaskan MenkumHam perlu meneliti dan mencermati secara baik dokumen-dokumen kelompok Hambara sebab sangat menyangsikan jumlah DPD dan DPC Hanura yang diklaim kelompok Hambara.

"MenkumHam perlu teliti dan cermat dokumen-dokumen kelompok Hambara sebab sebagian besar DPD dan DPC tetap mendukung kepemimpinan pak Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum," tegasnya.

Sebelumnya sebanyak 19 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Hanura kubu Oesman Sapta Odang (Oso) menyatakan dukungan terhadap kepemimpinan OSO. Hal itu disampaikan langsung oleh masing-masing ketua DPD yang hadir dalam pernyataan sikap 19 DPD Partai Hanura di Hotel Manhattan, Jumat (19/1).

Beberapa DPD yang hadir antara lain DPD Bali, Maluku Utara, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kepri, Jambi.

"Di bawah pimpinan Ketua Umum Oso, Bali tetap on the track. Sampai saat ini Bali tetap mengikuti apa yang sudah disini," kata Ketua DPD Bali, Made Sudarta.

Begitu juga dengan Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat, Aceng Fikri yang mengatakan hal serupa.

“Pada malam ini saya Ketua DPD secara institusional menyatakan ketua umum bapak Oesman Sapta Odang, karena kami orang yang menggunakan nalar politik yang sehat, yang normal," ucap Aceng.

Dalam acara tersebut hadir juga Oso. Dengan mengenakan kemeja panjang oranye, Oso tampak berbaur di tengah wartawan. Namun dirinya enggan menanggapi dinamika yang tengah terjadi di Partai yang dipimpinnya.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yakinlah, Jokowi Tak Akan Sakit Kepala Akibat Konflik Hanura


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler